Sabtu, 11 Juli 2015

YAMAHA VEGA R 2006 - 2009

YAMAHA VEGA R 2006 - 2009




MESIN
Tipe Mesin
4 Langkah Air Cooled, SOHC
Diameter x Langkah
51.0 x 54.0 mm
Volume Silinder
110.3 CC
Perbandingan Kompresi
9.30 : 1
Kopling
Wet, Multiple Disc & Centrifugal Automatic
Susunan Silinder
Forward-Inclined Single Cylinder
Gigi Transmisi
Constant Mesh 4-Speed
Karburator
VM 17SH x 1 MIKUNI
Sistem Starter
Electric Starter & Kickstarter
Saringan Udara Mesin
Dry Element
KELISTRIKAN
Lampu Depan
12V, 32.0W / 32.0W x 1
Lampu Belakang
12V, 5.0W / 21.0W x 1
Lampu Sein Depan
12V, 10.0W x 2
Lampu Sein Belakang
12V, 10.0W x 2
Baterai
YB5L-B/GM5Z-3B / 12V, 5.0Ah
Busi
NGK/C6HSA / 0.6-0.7 mm
Sistem Pengapian
DC. CDI
Sekring
10.0A
RANGKA
Tipe
Steel Tube Underbone
Suspensi Depan
Suspensi Belakang
Rem Depan
Cakram Hidrolik
Rem Belakang
Tromol
Ukuran Ban Depan
70/90-17 38P
Ukuran Ban Belakang
80/90-17 44P
DIMENSI
P x L x T
1890 x 675 x 1030 mm
Tinggi Tempat Duduk
770 mm
Jarak Sumbu Roda
1195 mm
Jarak Terendah Ke Tanah
135 mm
Berat (Dengan Bensin dan Oli Penuh)
99.0 kg
Kapasitas Tangki
4.2 lt

SPESIFIKASI JUPITER Z THN 2008

YAMAHA JUPITER Z KELUARAN 2008

Jupiter Z CW

MESIN

Tipe Mesin
2P2, 4 Langkah, SOHC, 2 Klep (Berpendingin Udara)
Diameter x Langkah
51.0 x 54.0 mm
Volume Silinder
110,3 CC
Perbandingan Kompresi
9.3 : 1
Power Max
9.0 PS/8000 rpm
Torsi Max
9.2Nm/ 5000 rpm
Sistem pelumasan
Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin
Penggantian Berkala 800cc

Penggantian Total 1000cc
Karburator
Mikuni VM 17 x 1, Setelan Pilot Screw 1-3,8 putaran keluar
Putaran Langsam mesin
1.500 rpm
Saringan Udara Mesin
Tipe kering
Sistem Starter
Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi
Tipe ROTARY 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)


DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi
1.910 mm x 675 mm x 1.040 mm
Tinggi Tempat Duduk
760 mm
Jarak Sumbu Roda
1.225 mm
Jarak Terendah ke Tanah
130 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
4,5 Liter
Berat Kosong
97 kg


RANGKA

Tipe Rangka
Pipa "Under-bone"
Suspensi Depan
Telescopic
Suspensi Belakang
Lengan Ayun
Rem Depan
Cakram Tunggal
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
70/90 - 17,38P (dengan ban dalam)
Ban Belakang
80/90 - 17,44P (dengan ban dalam)
Velg
Spoke Wheel (SW)/Casting Wheel (CW)


KELISTRIKAN

Lampu Depan
12 Volt, 32 W / 32 W (2 bh)
Lampu Sein Depan
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Rem
12 Volt, 5 W / 21 W x 1 buah
Battery
GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi / Spark Plug
NGK C6-HSA / DENSO U 20 FS-U
Sistem Pengapian
DC CDI


KETERANGAN
Generasi ketiga Yamaha Jupiter Z yang biasa dikenal dengan Jupiter Burhan (burung hantu), hal ini disebabkan headlamp depan berbentuk membulat menyerupai mata burung hantu.

 Headlamp Jupiter Z (nsx125.wordpress.com)

 Console Speedometer Jupiter Z (imageshack.us)

Stoplamp Jupiter Z (imageshack.us)

Motor ini masih banyak disukai penggemar bebek yamaha karena memiliki tampilan yang bagus dengan performa mesin yang baik dan handling yang mudah dikendarai.








By Lancur
Salam Jalacu Motor

Selasa, 07 Juli 2015

Tip Rumus menghitung Zakat Mall, Zakat Fitrah, Profesi dan Nisab

Tip Rumus Cara Menghitung
Zakat Maal / Harta, Fitrah & Profesi Serta Nisab
Seorang muslim yang mampu dalam ekonomi wajib membayar sebagian harta yang dimiliki kepada orang-orang yang berhak menerimanya baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan secara langsung / sendiri.

Hukum zakat adalah wajib bila mampu secara finansial dan telah mencapai batas minimal bayar zakat atau yang disebut nisab.

Berikut ini kami mecoba untuk share rumus dan contoh untuk pembayaran zakat fitrah untuk membersihkan diri, zakat mal atau zakat harta kekayaan dan zakat profesi dari penghasilan yang didapat dari pekerjaan yang dilakoni.

Dan untuk lebih memudahkan apabila anda mau menghitung berapa jumlah zakat anda, berikut ini adalah kalkulator untuk menghitung zakat, silahkan klik pada link berikut : kalkulator zakat.
Sekarang kita akan lanjut membahas bagaimana perhitungan zakat.
Berikut pembahasannya.

A. Rumus Perhitungan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah Perorang = 3,5 x harga beras di pasaran perliter
Hasil gambar untuk kantong berasContoh : Harga beras atau makanan pokok lokal yang biasa kita makan dan layak konsumsi di pasar rata-rata harganya Rp. 10.000,- maka zakat fitra yang harus dibayar setiap orang mampu adalah sebesar Rp. 35.000,-
Kalau menghitung dari segi berat pengalinya adalah 2,5 x harga beras atau bahan makanan pokok lokal perkilogram.

B. Rumus Perhitungan Zakat Profesi / Pekerjaan
 
Zakat Profesi = 2,5% x (Penghasilan Total - Pembayaran Hutang / Cicilan)
Menghitung Nisab Zakat Profesi = 520 x harga beras pasaran perkg

Contoh Perhitungan Dalam Zakat Profesi :
Jika Bang Jarwo punya gaji 2 juta perbulan dan penghasilan tambahan dari kios jualan pulsa dan perdana sebesar 8 juta perbulan maka total penghasilan Bang Jarwo sebesar 10 juta tiap bulan. Bang Jarwo membayar cicilan kredit apartemen tidak bersubsidi pemerintah sebesar 5 juta perbulan.
Harga beras sekilo yang biasa dikonsumsi yaitu sekitar Rp. 8.000,- per kilogram, sehingga nisab zakatnya adalah Rp. 4.160.000,-. Karena Bang Jarwo penghasilan bersihnya 5 juta dan ada di atas nisab, maka Bang Jarwo harus bayar zakat profesi sebesar Rp. 5 juta x 2,5% = Rp. 125.000,- di bulan itu. Untuk bulan selanjutnya dihitung kembali sesuai situasi dan kondisi yang ada.

Zakat profesi memang jadi perdebatan karena tidak ada dalil yang mengena. Di kantor pemerintah umumnya setiap penghasilan otomatis dipotong 2,5% (penuh) untuk zakat profesi. Dengan begitu institusi resmi (ulama) Agama Islam di Indonesia berarti belum mengeluarkan fatwa haram untuk zakat profesi artinya bukan bid'ah.
Jika anda tidak sependapat maka sebaiknya ikhlaskan saja dan anggap itu sebagai amal sodakoh anda atau tidak mengeluarkan zakat profesi tetapi membayar zakat mal.

C. Menghitung Zakat Maal / Harta Kekayaan
 
Zakat Maal = 2,5% x Jumlah Harta Yang Tersimpan Selama 1 Tahun (tabungan dan investasi)
Menghitung Nisab Zakat Mal = 85 x harga emas pasaran per gram
Hasil gambar untuk emas batanganContoh Perhitungan Dalam Zakat Maal Harta:
Nyonya Upit Marupit punya tabungan di Bank Napi 100 juta rupiah, deposito sebesar 200 juta rupiah, rumah rumah kedua yang dikontrakkan senilai 500 juta rupiah dan emas perak senilai 200 juta. Total harta yakni 1 milyar rupiah. Semua harta sudah dimiliki sejak satu tahun yang lalu.
Jika harga 1 gram emas sebesar Rp. 250.000,- maka batas nisab zakat maal adalah Rp. 21.250.000,-. Karena harta Nyonya Upit Marupit lebih dari limit nisab, maka ia harus membayar zakat mall sebesar Rp. 1 milyar x 2,5% = 25 juta rupiah per tahun.
Harta yang wajib dibayarkan zakat mal / zakat harta :
Emas, perak, uang simpanan, hasil pertanian, binatang ternak, benda usaha (uang, barang dagangan, alat usaha yang menghasilkan) dan harta temuan.
Perhitungan untuk hasil pertanian, peternakan, dan harta temuan ada ketentuan yang berbeda dalam hal nisab maupun besaran zakatnya. Ada juga buku yang berpendapat nisab emas adalah 93,6 gram dan perak 672 gr. Untuk lebih mudah bisa kita konversi ke rupiah dulu.

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang menimbun harta. Oleh karena itu hiduplah sederhana dan gunakan harta untuk diputar kembali dalam perekonomian secara halal. Jangan lupa perbanyak sedekah.



By Landcur

Dikutip dan di ambil dari beberapa sumber
Salam Jalacu Motor


(utk tip tip lain silahkan kunjungi beranda)

Senin, 06 Juli 2015

Tip buat sobat sobat yang demen motor agar kecepatan motor kenceng larinya.

5 Cara Memodifikasi Motor Agar Lebih Cepat dan Kencang Lari

Tips memodigikasi motor agar lebih kencang. Anda seoramg laki yang suka dengan modifikasi motor yang lajunya cepat? Disini kami akan berbagi pengalaman untuk memodifikasi motor Anda agar tenaga makin kuat dan laju yang lebih kencang . Hal ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi balap .Tapi hati-hati lo jangan sempat jadi balap liar ntar malah ditilang sama pak polisi.

Selain ditilang balap liar juga membahayakan keselamatan, Anda juga terancam masuk penjara. Jika pun Anda ingin ikutan balapan sebaiknya Ikutilah ajang balap resmi agar keamanan Anda lebih terjamin

1. Kurangi berat piston 

Langkah Pertama Anda harus mengurangi berat piston sebab Seringkali berat piston membuat mesin Anda bekerja lebih ekstra.Dengan mengurangi berat piston, mesin motor akan bekerja lebih ringan dan laju motor semakin cepat.

2. Mengurangi volume ruang bakar 

Langkah kedua kurangai volume, Jika motor Anda memiliki kompresi yang tinggi, ini bisa berpengaruh pada kecepatan motor dan energi yang

dihasilkan. Untuk itu Anda perlu meningkatkan kompresi ruang bakar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggerinda silinder sehingga kompresi akan jauh lebih meningkat.

3. Memperluas lubang pembilasan

Langakah ketiga  pembialasan sebab campuran gas dan udara yang masuk ke ruang pembakaran cukup berpengaruh pada tenaga motor. Semakin banyak gas yang masuk maka semakin baik pula kepadatan gas sehingga kompresi jauh lebih meningkat. Anda bisa memperluas lubang pembilasan agar lebih banyak gas yang masuk. Namun perluasaan lubang pembilasan harus pada batas normal, artinya jangan memperluas lubang pembilasan terlalu lebar karena hal ini justru bisa membuat mesin rusak.

4. Menambah Energy listrik 

Langkah keempat tambahkan energi listrik pada motor Anda sebaab biasanya energi listrik pada sepeda motor adalah 6 volt.Anda bisa mengubahnya menjadi 12 volt.Selain laju motor jadi lebih cepat, lampu-lampu motor juga akan menyala lebih terang sehingga aman jika berkendara di malam hari.

5. Ganti roda gigi

Langkah terakhir adalah ganti roda gigi, dengan mengganti roda gigi belakang dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan agar kecepatan motor menjadi seimbang.

Itulah cara modifikasi motor agar lari motor anda bisa kencang.

Selamat mencoba.

By Landcur.
Salam jalacu motor


Sabtu, 04 Juli 2015

Tips yang aman bagi sobat yang mau MUDIK dengan berkendara sepeda motor.

Tips Mudik Aman dengan Berkendara Sepeda Motor : 

Equipment Perjalanan

Bagi anda yang hobi touring, tentu tidak asing dengan equipment wajib berkendara, agar terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan. Motor memiliki perhatian yang khusus dalam hal equipment keselamatan saat berkendara. Bebeda dengan mobil yang hanya menggunakan sabuk pengaman.

Motor memiliki banyak peripheral yang perlu diperhatikan :

1. HELM

Ini equipment utama dari berkendara sepeda motor. Sesuai Undang-undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8 (semua pengendara sepeda motor dan penumpangnya memakai helm yang memenuhi SNI). Helm merupakan alat keselamatan pertama ketika terjadi benturan keras. Isi kepala kita, lebih mahal dari pada harga helm. So, membeli helm dengan harga diatas 100rb masih tergolong murah. Pilihlah helm yang ringan di kepala dan sesuai ukuran kepala kita. Helm yang longgar akan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika berkendara. Pilih kaca helm yang bening, atau pelangi boleh asal yang tidak gelap sekali, pemilihan ini berguna saat cuaca hujan deras dan malam hari. Kaca helm yang sudah banyak goresan, sebaiknya segera di ganti. Cara membersihkan kaca helm bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih.


2. JAKET.

Equipment ini selain melindungi pengendara dari dingin dan panas, juga melindungi dari benturan saat berkendara, baik disebabkan karena jatuh, angin atau lemparan benda kecil. Pilihlah jaket yang pas untuk ukuran badan, tidak terlalu longgar dan ketat. Jaket kulit sangat disarankan dalam berkendara, karena lebih tahan untuk melindungi dari benturan. Jaket  dari bahan kain perlu memperhatikan ketebalan dan bahan. Jaket yang baik adalah jaket yang menutupi badan pengendara, termasuk lengan dan leher. Bila perlu, bisa memilih jaket yang waterproof.


3. MAKET.

Masker melindungi pengendara dari asap dan bau ketika berkendara. Masker yang baik, apabila mampu menahan asap kendaraan dan nyaman di pakai. Apabila membeli masker, cobalah dahulu, sesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing. Memakai sleyer sebagai pengganti masker tidak disarankan, kecuali terbuat dari material yang baik dan tidak mengganggu pernafasan. Masker disarankan menutup hidung dan leher. Cuci masker yang ada sebelum berpergian, agar bau masker lebih harum dan bersih. Apabila masker hanya menutup muka bagian bawah saja sudah cukup, namun apabila memakai masker sampai ke leher akan lebih baik karena menahan leher dari angin


4. KAOS TANGAN

Material ini membantu pengendara dalam urusan handle kendaraan. Licinnya stang kemudi bisa di atasi dengan Kaos tangan. Beberapa jenis kaos tangan beredar di pasaran, sebagai pertimbangan : pilih kaos tangan yang tidak terkalu kaku bahannya. Bisa juga memilih kaos tangan yang tidak menutup semua jari. Yang jelas, ketika memakai kaos tangan, kita bisa bebas mengerakkan jari-jari. Bahan dari semi kulit sangat disarankan, tapi misal bahan berasal dari kain tidaklah mengapa.



5. SEPATU DAN KAOS KAKI. 

Sangat disarankan, ketika hendak mudik memakai sepatu dan kaos kaki. Selain nyaman, pengendara akan terlindungi ketika terjadi benturan keras. Memakai sandal tidak disarankan, kecuali sandal tersebut memiiki kait pengaman dan melindungi hampir semua area kaki (biasa disebut sandal gunung). Otomatis kaos kaki harus ektra tebal. Banyak ketika terjadi benturan, sandal terlepas dari pengendara, hal ini sangat disayangkan. Karena kaki merupakan salah satu bagian utama hadling berkendara yaitu pengereman (untuk motor tipe manual).


6. TAS BAGPACK DAN TRAVELING.

Tentu saja peripheral ini tak lepas dari pemudik. Saran yang utama ketika banyak membawa barang adalah mengirim dengan jasa courier. Bagpack disarankan sebagai tempat menaruh barang yang penting ketika perjalanan. Ketika harus menggunakan tas traveling, usahakan terikat kencang dan tidak mudah jatuh. Perhatikan juga tali tas tersebut, jangan sampai terurai resiko masuk ke dalam roda atau rantai. Apabila memakai motor matic, silahkan di taruh di depan. Untuk motor type cub boleh di depan, dengan di ikat yang kencang dan tidak boleh melebihi tinggi stang kemudi. Bisa juga membawa Travel Pouches untuk menyiman barang yang sering dipakai semisal air dan dompet.

7. RAINCOAT

Untuk memudahkan pergerakan dan handling kendaraan ketika hujan lebat, pilihlah raincoat yang modelnya baju. Untuk model jubah tidak disarankan. Cek kembali keadaan raincoat, apakah masih bisa melindungi dari hujan atau sudah bocor. Apabila sudah mulai bocor, jangan  tempel dengan isolasi, tapi belilah baru. Cobalah memakai raincoat tersebut, usahakan pas di badan. Memilih raincoat tidak hanya pas ukuran saja, tentunya juga memperhatikan warna juga. Warna yang cerah akan memudahkan pengendara lain memperhatikan laju kendaraan kita, dan membuat lebih waspada. Nah, sebagai alternatif keamanan saat hujan, WAJIB Menyalakan Lampu.

8. RAIN BAGPACK COVER.

Peripheral ini berguna untuk melindungi bagpack ketika hujan. Pilihan yang tepat ketika menggunakan raincoat baju tentu saja tidak bisa melindungi bagpack dari hujan. Nah, kita bisa memakai pelindungi tas tersebut. Pilihlah rain bagpack cover sesuai dengan ukuran tas, biasanya untuk bagpack ukurannya 30 liter. Menggunakan tas plastik kresek tidak di anjurkan, walaupun dapat menahan derasnya hujan, namun tidak efektif menahan masuknya air ke dalam tas. Barang berharga yang mudah basah paling tepat untuk di bungkus plastik kresek, bukan tas.


9. TALI KARET.

Pakailah karet untuk mengikat bagpack atau tas traveling yang kita bawa. Tali rafia dan sejenisnya sangat tidak disarankan. Pada kondisi naik, getaran dan bergerak tali rafia mudah kendor. Yang paling aman dengan memakai tali karet yang bisa menyesuaikan bentuk tas yang di ikat. Sesuaikan dengan ukuran barang yang di ikat. Atur kekencangan tali sedang dengan baik, tidak terlalu kondor dan sangat kencang. Apabila tidak harus menali di body motor akan lebih baik.

10. JAM TANGAN

Pakailah jam tangan untuk melihat berapa waktu yang sudah kita tempuh. Secara normal, berkendara setiap 2 jam diharuskan istirahat sebentar.  Badan manusia relatif capek dengan berkendara selama itu. Nah, dengan memakai jam tangan, kita bisa mengatur kapan melaju dan istirahat. Walaupun sudah ada Handphone, tidak disarankan untuk melihat ketika kendaraan melaju kencang, baik pengendara ataupun pembonceng.


Semoga Perjalanan mudik Sobat Aman dan Menyenangkan….


By Landcur
Salam Jalacu Motor.

Kamis, 02 Juli 2015

tips merawat motor crome

Tips Mudah Merawat Motor Modifikasi Yang Telah di Chrome

Hasil gambar untuk motor chromeBetapa senang dan bangga tentunya ya bisa memiliki motor keren dan mengkilap karena di lapisi chrome, tapi sayang beberapa darri rekan bikers kita mungkin belum tau tips dan trik perawatan chrome ini,, sehingga tak jarang yang mengeluh karena warna chrome pudar atau rusak tak sebagaimana mestinya

Ada pula beberapa sobat yang takut akan menge chrome motor kita karena takut perawatan yang sulit dan ribet,, apalagi pas musim ujan, terlalu kotor dan ribet membersihkan.

Berikut tips dan trik merawat motor modifikasi yang telah kita chrome agar terlihat selalu mengkilap mantap dan tampil keren.

    Hasil gambar untuk motor chrome
  1. Bilas pakai air bersih

    Sesaat setelah motor terkena air hujan , segera bilas tunggangan Bikes dengan air bersih lalu keringkan dengan lap. Karena air hujan itu mengandung zat asam tinggi .Jika malas untuk mengkeringkan, tak apa-apa, asal jangan biarkan air hujan menempel pada benda yang di chrome. Karena tingkat asam yang tinggi dari air hujan akan merubah warna chrome. Dan bila Bikes memang tak sempat untuk langsung mencuci motor yang terkena air hujan, batas waktunya maksimal hingga 2 hari. Jika dibiarkan dari tempo itu, warna chrome akan rusak.
  2. Hindari mencuci dengan sabun deterjen

    Jika Bikes ingin mencuci motor, jangan sekali-kali menggunakan sabun deterjen merek apa pun. Efek bahan kimia yang ada pada sabun deterjen akan mengkikis chrome. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, warna chrome lambat laun akan pudar dan tidak kinclong lagi. Namun bila ingin mencucinya pakai sabun deterjen, maksimal, sebulan sekali. Benda pembersih yang mengandung bahan kimia seperti Autosol Metal Polish atau kit pun harus dihindari.
  3. Gunakan sabun cuci non deterjen untuk mencuci motor yang dichrome

    Anda bisa menggunakan sabun cuci non deterjen dari cream maupun cair,  Karena Sabun non diterjen ini dapat mengangkat noda2 minyak yang susah di bersihkan dengan sabun lain, sabun ini juga tidak mengandung zat yang punya sifat kasar yang dapat menggores chrome di permukaan motor.
  4. Bedak chrome

    Kedua benda ini bisa menjadikan chrometerus terlihat kinclong dan awet. Pemakaian bedak chrome cukup ditaburkan pada benda lalu dilap. Untuk jenis spray, tinggal menyemprotkan pada benda yang di chrome lalu di lap. Namun untuk jemis spray  masih jarang dipasaran dan relatif mahal. Untuk menggantinya, bisa menggunakan pembersih lain. Begitu juga dengan bedak chrome yang bisa diganti dengan bedak normal biasa.funginya adalah untuk melindungi part yang di chrom dari benda2 asing seperti kotoran dan debu yang bisa menyebabkan baret.
Begitulah tips buat sobat sobat semua, agar motor modifikasi crome sobat tetap tampil mengkilap, dan berpesona.


By Landcur
Salam Jalacu Motor


 

 

Rabu, 01 Juli 2015

Cara merawat motor beat agar tetap awet

CARA MERAWAT MOTOR BEAT AGAR AWET 
DAN TETAP DALAM KONDISI YANG PRIMA

Sepeda motor matik sekarang makin sering dilihat di jalanan. 
Populasinya sudah mendominasi sepeda motor bebek. Untuk menjaga agar performa sepeda motor matik tetap terjaga, Sobat Pusat Teknologi perlu merawatnya secara rutin.

Berikut ada beberapa cara untuk merawat motor matik agar performa dan
penampilannya selalu oke dan terjaga;


Disarankan sebelum pergi mengendarai motor matik panaskan dahulu mesinnya, sekitar 1 sampai 5 menit, waktu sebentar itu sudah cukup untuk memanaskan mesin.

Pada saat mengendarai motor, pengendara jangan sering mengubah kecepatan laju motor, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. 
alasannya cara seperti ini bisa mempendek usia mesin.Selalu cek kondisi tanki bensin, jangan membiarkan kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong. 
Mengisi bensin tak perlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf  E atau Empty.

Mengganti oli transmisi motor maksimal setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 1000 km.Selalu periksa kondisi busi dan aki.

Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi atau langganan anda.

Perhatikan juga adalah memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil.Selalu perhatikan ruang transmisi, di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran.

Bersihkanlah ruang transmisi secara berkalasetiap 4 ribu km.Motor matik biasanya menggunakan single shockbreaker, maka ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km.

Motor matik memang jadi primadona sekarang ini karena lebih mampu menerobos kemacetan dan lebih fleksibel untuk pria dan wanita, apalagi di jalanan kota-kota besar yang setiap hari penuh kemacetan, disamping itu juga hemat BBM. 

Rawat motor matic anda dengan benar, biar motor matic anda tetap awet dan pastikan motor matic anda dalam kondisi yang selalu prima..perawatan jauh lebih menguntungkan di banding harus melakukan perbaikan.

By Landcur
Salam Jalacu Motor