Sabtu, 11 Juli 2015

Spesifikasi YAMAHA MIO sporty

YAMAHA MIO SPORTY



MESIN
Tipe Mesin
4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara
AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Diameter x Langkah
50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder
113.7 CC
Perbandingan Kompresi
8.8 : 1
Kopling
Kering, Sentrifugal Otomatis
Susunan Silinder
Tunggal
Karburator
NCV24x1 (Keihin)
Sistem Pengapian
DC-CDI
Pelumas
Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin
0.9 Liter
Transmisi
V-Belt Otomatis
Rasio Gigi
2.399 - 0.829
Caster / Trail
26.5 derajat/ 100 mm
Sistem Rem Depan
Hydraulic Single Disc
Sistem Rem Belakang
Drum
CHASIS
Berat Kosong
87 Kg
Tipe Rangka
Steel Tube
Kapasitas Tangki
3,7 Liter
Jarak Sumbu Roda
1,240 mm
Jarak ke Tanah
130 mm
Tinggi Tempat Duduk
745 mm
SUSPENSI / BAN
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Teleskopik
Ukuran Ban Depan
70/90-14MC 34P
Ukuran Ban Belakang
80/90-14MC 34P
PERFORMA
Dimensi (P x L x T)
1,820 x 675 x 1,050 mm
Sistem Starter
Kick & Electric
Daya Maksimum
6.54 kW (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Maksimum
7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 r

Spesifikasi YAMAHA JUPITER Z

YAMAHA JUPITER Z 2003 - 2006



Jupiter Z Cast Wheel (sumber : YMKI)

MESIN


Tipe Mesin
5TP, 4 Langkah, SOHC, 2 Klep (Berpendingin Udara)
Diameter x Langkah
51.0 x 54.0 mm
Volume Silinder
110,3 CC
Perbandingan Kompresi
9.3 : 1
Power Max
8,8 HP pada putaran 8000 rpm
Torsi Max
(0,92 kgf.M) pada putaran 5000 rpm
Sistem pelumasan
Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin
Penggantian Berkala 800cc

Penggantian Total 1000cc
Karburator
Mikuni VM 17 x 1, Setelan Pilot Screw 1-3,8 putaran keluar
Putaran Langsam mesin
1.500 rpm
Saringan Udara Mesin
Tipe kering
Sistem Starter
Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi
Tipe ROTARY 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)

DIMENSI


Panjang x Lebar x Tinggi
1.910 mm x 680 mm x 1.045 mm
Tinggi Tempat Duduk
760 mm
Jarak Sumbu Roda
1.230 mm
Jarak Terendah ke Tanah
140 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
Berat kosong
4,2 Liter
99 kg


RANGKA


Tipe Rangka
Pipa "Under-bone"
Suspensi Depan
Telescopic
Suspensi Belakang
Lengan Ayun
Rem Depan
Cakram Tunggal 220 mm
Rem Belakang
Tromol dengan Bahan "Non Asbestos" O 130mm
Ban Depan
70/90 - 17,38P (dengan ban dalam)
Ban Belakang
Velg
80/90 - 17,44P (dengan ban dalam)
Spoke Wheel (SW)/Casting Wheel (CW)
Ukuran Rantai
428


KELISTRIKAN


Lampu Depan
12 Volt, 32 W / 32 W (2 bh)
Lampu Sein Depan
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Rem
12 Volt, 5 W / 21 W x 1 buah
Battery
GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi / Spark Plug
NGK C6-HSA / DENSO U 20 FS-U
Sistem Pengapian
DC CDI


KETERANGAN

Salah satu motor bebek favorit kaula muda pada masanya, dengan mesin berkubikasi 110 cc motor ini diklaim mampu menyemburkan power mesin 8.8 hp pada 8000 rpm dan torsi 0.92 kgf.m pada 5000 rpm. Teknologi apa yang membuat mesin motor ini terbilang powerfull dengan kubikasi 110 cc?.

Jupiter Z Spoke Wheel (sumber : YMKI)


Pertama, motor ini mengadopsi teknologi pendinginan piston ala Yamaha YZF-R1yang disebut piston cooler. Dimana, pendingin piston bekerja dengan cara injeksi yang menyemprotkan oli ke piston agar suhunya tetap ideal.Kerja injeksi menggunakan nosel yang segaris dengan kruk as untuk menyemburkan pelumas ke piston. Semprotan dilakukan pompa oli secara simultan saat piston melakukan langkah kompresi maupun dekompresi. Agar nosel injeksi menyemburkan tekanan oli kuat ke piston, pabrikan Yamaha memodifikasi pompa oli Jupiter Z dengan mengubah roda gear dan lebar pompa lebih besar. Sistem piston cooler lebih sempurna dibantu terpaan angin membuat suhu mesin turun hingga 20 persen.Gesekan piston di liner silinder lebih lancar, suara mesin lebih halus. Hasilnya, berdampak ke bearing kruk as, connecting rod, dan pin piston yang lebih awet. Risiko piston macet atau dinding liner silinder tergores dapat diminimalkan. (merdeka.com)

Kedua, kampas kopling jupiter z awal dengan kode 5TN maupun 5TP merupakan kampas kopling yang mempunyai kualitas kompetisi. Banyak digunakan di balap motor (road race) antara lain tim-tim balap Malaysia karena diklaim irit dalam penggunaannya. Sekali latihan kondisi kampas tetap utuh. (tabloid motorplus)

Jupiter Z terbagi kedalam dua varian yang berbeda yaitu, tipe spoke wheel (velg jari-jari) dan tipe cast wheel (velg palang/racing). Yang membedakan keduanya selain penggunaan velg adalah perpaduan warna dan pengaplikasian lampu rem belakang model LED (light emitting diode) pada tipe cast wheel.




Console Speedometer Jupiter Z (sumber : jakartacity.oxl.co.id)



Lampu Belakang Jupter Z CW (sumber : bebeksableng.com)

Lampu Belakang Jupter Z SW (sumber : imageshack.us)

Spesifikasi YAMAHA JUPITER MX

JUPITER MX 2006 - 2009



MESIN
Tipe Mesin
4 Langkah, SOHC, 4 Klep (Berpendingin Cairan)
Diameter x Langkah
54.0 x 58.7 mm
Volume Silinder
135 CC
Perbandingan Kompresi
10.9 : 1
Power Max
8,45kW (11,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max
11,65N.m (1,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan
Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin
Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc
Kapasitas Air Pendingin
Radiator dan Mesin 620cc
Tangki Recovery 280cc, Total 900cc
Karburator
Mikuni VM 22 x 1, Setelan Pilot Screw 1-5/8 putaran keluar
Putaran Langsam mesin
1.400 rpm
Saringan Udara Mesin
Tipe kering
Sistem Starter
Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi
Tipe ROTARY 4 Kecepatan, dengan kopling manual
CHASIS
Tipe Rangka
Diamond Frame
Suspensi Depan
Telescopic Fork
Suspensi Belakang
Tunggal / Monocross
Rem Depan
Cakram Tunggak 220 mm
Rem Belakang
Tromol dengan Bahan "Non Asbestos"
Ban Depan
70/90 - 17 dengan Velg Racing
Ban Belakang
80/90 - 17 dengan Velg Racing
Ukuran Rantai
428
KELISTRIKAN
Lampu Depan
12 Volt, 32 W / 32 W
Lampu Sein Depan
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Rem
12 Volt, 5 W / 21 W x 1 buah
Battery
GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi / Spark Plug
NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9
Sistem Pengapian
DC CDI
Sekring
10 Ampere
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi
1.945 mm x 705 mm x 1.065 mm
Tinggi Tempat Duduk
770 mm
Jarak Sumbu Roda
1.245 mm
Jarak Terendah ke Tanah
140 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
4 Liter
Berat Isi
109 kg
Berat Kosong
104 kg