Jumat, 21 Agustus 2015

Cara Service Motor Sendiri

Cara Service Motor Sendiri

Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:
1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.
- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)
- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe).
2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
Nih ada info rinci merawat aki
Klik disini
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak Hasil gambar untuk cara service motormau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
- Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
- Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…Hasil gambar untuk cara service motorHasil gambar untuk cara service motor

CARA SEDERHANA SERVICE MOTOR

CARA SERVICE SEDERHANA
 
Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.

Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:


1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.


Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.


- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)


- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).


Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe). 


2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
 

Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
Nih ada info rinci merawat aki
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
- Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
- Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…

Jumat, 17 Juli 2015

Makna dan Hikmah Hari Raya Idul Fitri 2015

Makna dan Hikmah Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri adalah puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa. Kata Id berdasar dari akar kata aada – yauudu yang artinya kembali sedangkan fitri bisa berarti buka puasa untuk makan dan bisa berarti suci. Adapun fitri yang berarti buka puasa berdasarkan akar kata ifthar (sighat mashdar dari aftharo – yufthiru) dan berdasar hadis Rasulullah SAW yang artinya: ”Dari Anas bin Malik: Tidak sekali pun Nabi Muhammad SAW. Pergi (untuk shalat) pada Hari Raya Idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya." Dalam Riwayat lain: "Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari).

Dengan demikian, makna Idul Fitri berdasarkan uraian di atas adalah hari raya dimana umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Oleh karena itulah salah satu sunah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri adalah makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa. Sedangkan kata Fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, keburukan berdasarkan dari akar kata fathoro-yafthiru dan hadis Rasulullah SAW yang artinya “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq ‘alayh). Barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaq ‘alayh). Dari penjelasan ini dapat disimpulkan pula bahwa Idul Fitri bisa berarti kembalinya kita kepada keadaan suci, atau keterbebasan dari segala dosa dan noda sehingga berada dalam kesucian (fitrah).

Jadi yang dimaksud dengan Idul Fitri dalam konteks ini berarti kembali kepada asal kejadiannya yang suci dan mengikuti petunjuk Islam yang benar. Bagi umat Islam yang telah lulus melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadhan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan Ibunya. Sebagaimana Sabda Nabi SAW yang Artinya“Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci.”

Dalam bahasa Jawa, hari raya Idul Fitri disebut juga dengan istilah 'lebaran'. Lebaran mengandung maksud lebar-lebur-luber-labur. Lebar artinya kita akan bisa lebaran dari kemaksiatan. Lebur artinya lebur dari dosa. Luber artinya luber dari pahala, luber dari keberkahan, luber dari rahmat Allah SWT. Labur artinya bersih sebab bagi orang yang benar-benar melaksanakan ibadah puasa, maka hati kita akan dilabur menjadi putih bersih tanpa dosa, makanya wajar kalo mau lebaran rumah-rumah banyak yang di labur hal ini mengandung arti pembersihan dhohir disamping pembersihan batin yang telah di lakukan.

Adapun terkait hidangan khas waktu lebaran yaitu ketupat, dalam bahasa Jawa ketupat diartikan dengan ngaku lepat alias mengaku kesalahan, bentuk segi empat dari ketupat mempunyai makna kiblat papat lima pancer yang berarti empat arah mata angin dan satu pusat yaitu arah jalan hidup manusia. Kemana pun arah yang ingin ditempuh manusia hendaknya tidak akan lepas dari pusatnya yaitu Allah SWT. 

Oleh sebab itu kemana pun manusia menuju, pasti akan kembali kepada Allah. Rumitnya membuat anyaman ketupat dari janur mencerminkan kesalahan manusia. Warna putih ketupat ketika dibelah melambangkan kebersihan setelah bermaaf-maafan. Butiran beras yang dibungkus dalam janur merupakan simbol kebersamaan dan kemakmuran. Janur yang ada di ketupat berasal dari kata jaa-a al-nur bermakna telah datang cahaya atau janur adalah sejatine nur atau cahaya. Dalam arti lebih luas berarti keadaan suci manusia setelah mendapatkan pencerahan cahaya selama bulan Ramadan.

Adapun makna filosofis santen yang ada di masakan ketupat ialah suwun pangapunten atau memohon maaf. Dengan demikian ketupat ini hanyalah simbolisasi yang mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan hal ini merupakan makna filosofis dari warna putih ketupat jika dibelah menjadi dua. Sedangkan janur melambangkan manusia yang telah mendapatkan sinar ilahiah atau cahaya spiritual atau cahaya jiwa. Anyaman-anyaman diharapkan memberikan penguatan satu sama lain antara jasmani dan rohani.

Pemaknaan hari raya Idul Fitri hendaknya bersifat positif seperti menjalin tali silaturrahmi sebagai sarana membebaskan diri dari dosa yang bertautan antar sesama makhluk. Silaturahmi tidak hanya berbentuk pertemuan formal seperti Halal bi Halal, namun juga bisa dengan cara menyambangi dari rumah ke rumah, saling duduk bercengkerama, saling mengenalkan dan mengikat kerabat. Apalagi sekarang permohonan maaf dan silaturahmi sudah tidak mengenal batas dan waktu sebab bisa menggunakan jejaring media sosial seperti contoh lewat sms, update status, inbox di facebook, twiter, yahoo mesenger, skype, email dan lainnya.

Begitulah pentingnya silaturahmi sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang artinya “Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu berjabat tangan melainkan keduanya akan diampuni (dosanya) sebelum mereka berpisah. (HR. Daud, Tirmidzi & Ibnu Majah).“

Kini kita dengan rasa suka cita dan senang karena kita menyambut hari kemenangan disamping itu kita juga bercampur sedih, dan dengan linangan air mata bahagia kita di tinggalkan bulan Ramadhan yang penuh berkah, maghfiroh dan Rahmat Allah SWT. Banyak pelajaran dan hikmah, faidah dan fadhilah yang kita dapatkan. Kini bulan Ramadhan telah berlalu, tapi satu hal yang tidak boleh meninggalkan kita dan harus tetap bersama kita yaitu spirit dan akhlakiyah puasa Ramadhan, sehingga 1 Syawal harus menjadi Imtidad lanjutan Ramadhan dengan ibadah serta kesalehan sosial. Sebab Kata Syawal itu sendiri artinya peningkatan.
Inilah yang harus mengisi sebelas bulan ke depan dalam perjalanan hidup kita nantinya.

By landcur
Salam idul fitri "jalacu motor"

Sabtu, 11 Juli 2015

Spesifikasi YAMAHA MIO sporty

YAMAHA MIO SPORTY



MESIN
Tipe Mesin
4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara
AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Diameter x Langkah
50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder
113.7 CC
Perbandingan Kompresi
8.8 : 1
Kopling
Kering, Sentrifugal Otomatis
Susunan Silinder
Tunggal
Karburator
NCV24x1 (Keihin)
Sistem Pengapian
DC-CDI
Pelumas
Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin
0.9 Liter
Transmisi
V-Belt Otomatis
Rasio Gigi
2.399 - 0.829
Caster / Trail
26.5 derajat/ 100 mm
Sistem Rem Depan
Hydraulic Single Disc
Sistem Rem Belakang
Drum
CHASIS
Berat Kosong
87 Kg
Tipe Rangka
Steel Tube
Kapasitas Tangki
3,7 Liter
Jarak Sumbu Roda
1,240 mm
Jarak ke Tanah
130 mm
Tinggi Tempat Duduk
745 mm
SUSPENSI / BAN
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Teleskopik
Ukuran Ban Depan
70/90-14MC 34P
Ukuran Ban Belakang
80/90-14MC 34P
PERFORMA
Dimensi (P x L x T)
1,820 x 675 x 1,050 mm
Sistem Starter
Kick & Electric
Daya Maksimum
6.54 kW (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Maksimum
7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 r