Sabtu, 11 Juni 2016

Tips Beli Bahan Bakar di SPBU agar tdk di rugikan

Di era sekarang ini semua barang­ barang mahal, termasuk bahan bakar. Bahan bakar semakin mahal, maka jadilah konsumen yang cerdas agar tidak semakin dirugikan.Berikut adalah tips beli bahan bakar dan pengetahuan buat kita :
  • Pertama,
    kecepatan argo di setiap SPBU berbeda-beda. Ada yang lambat, sedang dan kencang.

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/lahagu/hati-hati-modus-kecurangan-di-spbu-pertamina_5629b0f521afbd210505cf97
    kecepatan argo di setiap SPBU berbeda-beda. Ada yang lambat, sedang dan kencang.

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/lahagu/hati-hati-modus-kecurangan-di-spbu-pertamina_5629b0f521afbd210505cf97
     kecepatan argo setiap SPBU cenderung tdk sama, kecepatan (speed) pada nozzle alat pompa SPBU terdiri dari tiga macam, yakni speed 1, 2 dan 3. Speed 1 : kecepatan mengalir fluidanya rendah Speed 2 : kecepatan mengalir fluidanya sedang Speed 3 : kecepatan mengalirnya fluidanya tinggi Biasanya petugas yang jujur memegang nozzle saja lalu menarik pelatuk (mirip pistol) tanpa mengunci speednya. 
  • Bila petugas melepaskan gunnya, dia pasti mengunci speednya pada posisi tertentu. Pada saat itu, mintalah petugas untuk melepaskan gunnya (nozzle cover) dan mengunci speednya pada posisi speed nomor 1. Bila speednya 3, maka besar kemungkinan minyak lebih banyak bercampur dengan fluidanya atau istilahnya uapnya
  • Bagian alat nozzle nomor 4 dan 5 merupakan sensor otomatis. Saat kita mengisi bensin ke tanki mobil dan petugas telah melepas nozzlenya, maka ketika hampir penuh, terdengar suara dari nozzle ‘jeglek’ otomatis.
  • Hal itu karena sensor tersebut mendeteksi fluida yang sudah mencapai mulut nozzle (lihat gambar 2a, 2b) dan aliran fluida otomatis berhenti, artinya bensin sudah hampir full tank
  • Biasanya setelah bunyi ‘jeglek’ itu, petugas memegang lagi nozzlenya dan tetap mengisi pelan-pelan tanki sampai benar-benar penuh. Pada bagian alat nomor 10, di situ tertera pengatur speed sekaligus pengunci speed fluida yang mengalir di nozzle.
      • Kedua, perhatikanlah meteran/argo analog atau digital yang ada di SPBU. Pastikan bahwa angka pembelian anda sesuai dengan angka yang tertera pada argo.
      • Misalnya anda membeli Rp. 215.000,- dan petugas pun menekan tombol yang jumlahnya Rp. 215.000,- maka pastikan ketika selesai transaksi, angka pada argo berada pada angka Rp. 215.000.Bila anda lengah dan tidak memperhatikan angka pada argo apalagi kalau anda tetap di dalam mobil, maka petugas yang nakal akan berhenti memompa bensin pada mobil anda pada angka 205.000 ribu misalnya. Jadi ada selisih Rp. 10.000,- karena anda tidak memperhatikan argo.Jika hal ini terjadi maka petugas SPBUnya yang untung. Karena yang diperhitungkan oleh pemilik SPBU adalah meteran analognya. Bukan akumulasi dari tiap transaksi.Oleh supervisor SPBU maka yang dicatat pada pagi sampai malam saat tutup adalah angka yang tertera pada argo. Supervisor akan menghitung berapa liter yangg keluar, dikalikan dengan harga per liternya 
      • Pegawai (operator) pompa sangat memanfaatkan argo tersebut. Jadi tiap pergantian shift, mereka akan mencatat berapa angka pada argo analog tersebut lalu dikalikan dengan harga perliter.Itulah yg harus mereka setorkan. Dengan cara sederhana di atas, petugas memanfaatkan ketidakjelian konsumen, maka akan ada selisih antara akumulasi transaksi dengan yang analog.Tentu saja analog lebih kecil. Sehingga si operator dapat untung dari varian tersebut. Soal print, operator dengan gampang mencetak nota transaksi tanpa mengisi BBM sekalipun.
        Jadi bisa dibayangkan bila anda mengisi Rp. 215.000,- lalu perhatian kita dialihkan dan petugas menyudahi pengisian pada angka Rp. 205.000 atau di bawahnya, maka kita akan kehilangan sekian ribu rupiah.
        Ketiga, perhatikanlah argo/meteran. Jika angka pada meteran terlihat berkedip-kedip dan yang terlihat hanya garis-garis angkanya atau tiba-tiba meloncat angkanya argonya, misalnya dari Rp.80.000,- langsung ke angka Rp. 100.000,- maka bisa dipastikan bahwa SPBU tersebut telah melakukan kecurangan.

        • Beberapa oknum SPBU melakukan trik ini untuk meraup keuntungan. Argo SPBU bisa didesain angkanya agar tiba-tiba melompat.Trik ini tidak menguntungkan pegawai tetapi pemilik SPBU yang bersangkutan, karena jumlah uang yang masuk tetap tercatat dengan benar sesuai dengan argo sementara BBM yang keluar sedikit.Untuk menyiasati atau menghindari trik curang dari oknum SPBU di atas, maka sebaiknya belilah BBM dengan angka yang tidak biasa. Kalau motor beli pada angka yang tidak biasa misalnya Rp. 11.000, Rp. 16.000 atau Rp. 21.000. Hindari membeli pada angka biasanya misalnya Rp. 10.000, Rp.20.000 atau Rp.30.000. Kalau mobil belilah pada angka yang tidak seperti biasanya misalnya Rp.79.000, Rp. 162.000 atau Rp. 237.000. Hindari membeli BBM pada angka genap seperti Rp.100.000, Rp.200.000 dan seterusnya,alasannya angka genap atau biasanya mungkin sudah disetting lompatan angkanya
        • Keempat,belilah BBM pada SPBU milik pemerintah atau milik Pertamina jika memungkinkan. Alasannya, potensi kecurangan di SPBU pemerintah lebih kecil daripada milik swasta.Atau paling tidak carilah SPBU yang mempunyai sertifikat Pasti Pas dan takaran pas dari badan Metrologi. Hanya saja masalahnya adalah dari dari sekian ribu SPBU yang ada di Indonesia, yang bener-benar dikelola oleh Pertamina sendiri sangat sedikit.Ada tiga tipe SPBU Pertamina yaitu: COCO (Corporate Owned Corporate Operated), DODO (Dealer Owned Dealer Operated) dan CODO (Company Owned Dealer Operated). Tipe COCO adalah SPBU murni milik Pertamina sedangkan yang lainnya adalah swasta.  


        JALACU MOTOR
        Penjualan Mokas Berkualitas
        Jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu - Madiun

        Telp / WA 
        08133 5744443
        08222 5744443  

        Rabu, 08 Juni 2016

        Bagiamana..Tips Memilih Ban Motor

        Tips Memilih Ban Motor

        Mengingat pentingnya memilih ban motor sebaiknya anda simak beberapa cara memilih ban motor yang baik untuk anda, buat anda pekerja kantor atau aktifitas rutin penggunaan motor tentu fungsi ban sangat berarti mengingat fungsi ban yang selalu anda pakai tentunya anda harus berpikir tentang kualitas ban motor sebelum anda menentukan pilihan, sedini mungkin sudah harus anda perhatikan,
        Pemilihan ban yang baik tidak harus fokus pada merknya saja namun perlu di lihat dari sisi keawetan dan kondisi ban tersebut, karena banyak ban yang bermerek ujungnya jika di pakai jalan sekian kilometer sudah aus alias sudah habis, ini terkadang perlu di perhatikan. motif ban motor yang sesuai akan berdampak pada cengkraman rem juga, tidak semua motif ban baik di gunakan untuk segala hal.
        Ada beberapa tips yang harus anda tahu untuk memilih ban motor yang tepat berikut ini saya ulas cara memilih ban yang baik dan awet tentunya:
        • Pilih Ban Yang Mempunyai Kualitas Tinggi:
        • banyak ban yang di pasarkan namun anda perlu berhati-hati saat memilih ban untuk hal ini sebaiknya anda memilih ban motor yang sudah terbukti ketangguhannya, salah satu dengan memperhatikan merk serta kualitas ban yang sudah terbukti. jangan pernah dan mencoba ban yang jelas-jelas belum di buktikan oleh anda sendiri atau orang lain.
        Hasil gambar untuk ban motor 
        • Perhatikan Motif Ban:
        • motif ban sangat mempengaruhi saat anda berkendaraan, semisal bila anda berada di perkotaan anda tidak harus memilih motif ban seperti motif ban motor trail karena besar kemungkinan tidak akan memuat nyaman anda karena motif itu mempunyai tujuan tertentu dan kondisi tertentu juga.

        • Perawatan Pada Ban:
        • untuk hal ini sering kali kita tidak memperhatikan karena kita berada di iklim tropis kemungkinan besar suhu pada aspal relatif akan berubah-ubah, ban import belum bisa menjamin dengan keadaan dan kondisi iklim yang di indonesia, pada umumnya ban di pasaran khususnya wilayah indonesia mempunyai tingkat keawetan cenderung lebih singkat yaitu sekitar 1-2 tahun namun untuk ban import biasanya sampai 2 tahun tapi semua ini belum tentu semua tergantung bagaimana cara merawat ban.

        • Sesuaikan Ukuran Ban:
        • ukuran ban motor tentu tidak sama semua tergantung dari velk yang di pakai, namun standard ukuran ban yaitu 70/90 dan 80/90 sedangkan untuk motor matic biasanya 80/90 dan 90/90 semua ukuran ban ini sudah di sesuaikan oleh pabrik untuk kondisi motor tertentu.
        Hasil gambar untuk ban motor
        • Koreksi Tahun Pembuatan Ban:
        • Untuk melihat tahun pembuatan anda bisa melihat kode pada ban umumnya kode tersebut misalnya 1014 y arti 10 merupakan minggu ke 10 dan 14 adalah tahun. selalu perhatikan hal ini agar ban motor anda awet dan tetap berkualitas.

        Demikian Tips cara memilih Ban Motor yang berkualitas, selalu perhatikan hal sekecil apa-pun itu, karena yang kecil biasanya bisa menjadi hal besar. sebagai himbau-an tetaplah memilih produk dari bangsa kita karena kualitas dari ban sudah teruji dengan kondisi dan suhu di wilayah kita, dan bahan yang di gunakan pun tidak buruk
        selamat mencoba semoga bermanfaat.




        JALACU MOTOR
        Penjualan Mokas Berkualitas
        Jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu - Madiun

        Telp / WA
        081 33 5744443
        082 22 5744443

        Service Motor

        Tips Memilih Ban Terbaik Untuk Motor Kesayangan
        Mengingat pentingnya memilih ban motor sebaiknya anda simak beberapa cara memilih ban motor yang baik untuk anda, buat anda pekerja kantor atau aktifitas rutin penggunaan motor tentu fungsi ban sangat berarti mengingat fungsi ban yang selalu anda pakai tentunya anda harus berpikir tentang kualitas ban motor sebelum anda menentukan pilihan, sedini mungkin sudah harus anda perhatikan, Pemilihan ban yang baik tidak harus fokus pada merknya saja namun perlu di lihat dari sisi keawetan dan kondisi ban tersebut, karena banyak ban yang bermerek ujungnya jika di pakai jalan sekian kilometer sudah aus alias sudah habis, ini terkadang perlu di perhatikan. motif ban motor yang sesuai akan berdampak pada cengkraman rem juga, tidak semua motif ban baik di gunakan untuk segala hal.
        Ada beberapa tips yang harus anda tahu untuk memilih ban motor yang tepat berikut ini saya ulas cara memilih ban yang baik dan awet tentunya:
        • Pilih Ban Yang Mempunyai Kualitas Tinggi:
        • banyak ban yang di pasarkan namun anda perlu berhati-hati saat memilih ban untuk hal ini sebaiknya anda memilih ban motor yang sudah terbukti ketangguhannya, salah satu dengan memperhatikan merk serta kualitas ban yang sudah terbukti. jangan pernah dan mencoba ban yang jelas-jelas belum di buktikan oleh anda sendiri atau orang lain.

          Hasil gambar untuk ban motor
        • Perhatikan Motif Ban:
        • motif ban sangat mempengaruhi saat anda berkendaraan, semisal bila anda berada di perkotaan anda tidak harus memilih motif ban seperti motif ban motor trail karena besar kemungkinan tidak akan memuat nyaman anda karena motif itu mempunyai tujuan tertentu dan kondisi tertentu juga.

        • Perawatan Pada Ban:
        • untuk hal ini sering kali kita tidak memperhatikan karena kita berada di iklim tropis kemungkinan besar suhu pada aspal relatif akan berubah-ubah, ban import belum bisa menjamin dengan keadaan dan kondisi iklim yang di indonesia, pada umumnya ban di pasaran khususnya wilayah indonesia mempunyai tingkat keawetan cenderung lebih singkat yaitu sekitar 1-2 tahun namun untuk ban import biasanya sampai 2 tahun tapi semua ini belum tentu semua tergantung bagaimana cara merawat ban.

        • Sesuaikan Ukuran Ban:
        • ukuran ban motor tentu tidak sama semua tergantung dari velk yang di pakai, namun standard ukuran ban yaitu 70/90 dan 80/90 sedangkan untuk motor matic biasanya 80/90 dan 90/90 semua ukuran ban ini sudah di sesuaikan oleh pabrik untuk kondisi motor tertentu.
        Hasil gambar untuk ban motor
        • Koreksi Tahun Pembuatan Ban:
        • Untuk melihat tahun pembuatan anda bisa melihat kode pada ban umumnya kode tersebut misalnya 1014 y arti 10 merupakan minggu ke 10 dan 14 adalah tahun. selalu perhatikan hal ini agar ban motor anda awet dan tetap berkualitas.

        Demikian Tips cara memilih Ban Motor yang berkualitas, selalu perhatikan hal sekecil apa-pun itu, karena yang kecil biasanya bisa menjadi hal besar. sebagai himbau-an tetaplah memilih produk dari bangsa kita karena kualitas dari ban sudah teruji dengan kondisi dan suhu di wilayah kita, dan bahan yang di gunakan pun tidak buruk
        selamat mencoba semoga bermanfaat.

        JALACU MOTOR
        Penjualan Mokas Berkualitas
        Jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu - Madiun

        Telp / WA
        081 33 5744443
        082 22 5744443

        Sabtu, 04 Juni 2016

        Promo & Spesifikasi Vario Techno FI CBS 2014

        Spesifikasi Kelebihan Honda Vario Techno FI CBS 2014
           

        Sejak keluaran pertama motor matic dari Honda sudah dikenal dengan iritnya dalam konsumsi bahan bakar, sehingga banyak sekali masyarakat yang tertarik menggunakan produknya untuk fasilitas transportasi harian, salah satu motor matic unggulan dari Astra Honda Motor yaitu Honda Vario, dan sampai saat ini telah banyak mengalami perkembangan secara kwalitas, Vario Techno FI CBS 2014 sebagai pelopor skuter matic di Indonesia.
        Hanya dengan sedikit perubahan tampilan varian terbarunya Honda Vario sanggup tarik perhatian para penikmat kendaraan matic roda dua secara nasional.untuk varian motor ini  hingga saat ini masih banyak sekali pemesanan.
        Honda Vario FI CBS 2014 hadir dengan teknologi terbaru yang menampilkan desain lebih gahar dan simpel. Di luncurkannya varian terbaru Vario ini untuk mewujudkan hasil inovasi Honda pada teknologi PGM-FI 2014.
        Kelebihan dan Spesifikasi Honda Vario FI CBS 2014 sebagai berikut :

        Honda Vario FI CBS 2014
        Dimensi(P x L x T) – 1,918x689x1,103mmBerat kosong112 kg
        RangkaTulang punggung 
        Suspensi depanTeleskopik
        Suspensi belakangLengan ayun dengan shockbreaker tunggal 
        Ukuran Ban depan80/90 – 14 M/C 40P
        Ukuran Ban Belakang90/90 – 14 M/C 46P 
        Rem depanCakram hidrolik dengan piston tunggal
        Rem belakangTromol
        Sistem PengeremanCombi Brake System 
        Mesinlangkah, SOHC 
        Sistem pendinginan
        Pendinginan udara dengan cairan 
        Diameter x langkah52,4 x 57,9 mm 
        Volume langkah –124.8 cc
        Perbandingan kompresi11,0 : 1 
        Daya maksimum11,3 PS / 8500 rpm 
        Torsi maksimum1,1 kgf.m / 5000 rpm 
        KoplingOtomatis, sentrifugal, tipe keringStarter 
        Pedal & ElektrikBusi ND U22EPR-9, CPR7EA-9
        Sistem Bahan BakarInjeksi (PGM-FI) 
        Kapasitas tangki bahan bakar– 5.5 liter 
        Kapasitas Minyak Pelumas Mesin0,8 liter pada penggantian periodik 
        TransmisiOtomatis, V-MaticKelistrikanAki – 12 V – 5 Ah (tipe MF)
        Sistem pengapianFull transisterize, Baterai

        Honda Vario FI CBS 2014 telah menggunakan hasil inovasi injeksi terkini, sehingga performa mesin yang dimiliki menjadi lebih tinggi dari seri tahun sebelumnya, hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Vario 125 FI Techno CBS tetap disediakan dalam dua versi yaitu CBS-non ISS dan CBS-ISS, dengan berbagai fitur baru siap masuk dalam persaingan pasaran motor matic nasional. Sebagai produk versi terbaru dari Honda skuter matic yang saat ini sangat populer di Indonesia. 

        Honda Vario 125 FI Techno CBS telah siap berkompetisi sebagai skuter matic terbaik di Indonesia.
        Untuk mendominasi pasar motor matic di Indonesia sepertinya akan tercapai dengan hadirnya Vario FI CBS 2014 ini, dengan fitur-fitur canggih dan desain baru kini semakin layak menjadi pelopor skuter matic nasional, sajian custom modern dan sporty selalu melekat pada desain motor ini, body bagian depan melihatkan sudut kemiringan yang lebih tajam sehingga akan membuat headlamp memiliki sudut pancaran sinar yang lebih fokus ke depan.

        Demikian ulasan seputar Honda Vario FI CBS 2014
        untuk kejelasan pembelian silahkan hub

        JALACU MOTOR
        Penjuaalan Mokas Berkualitas
        Jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu - Madiun   
        telp / WA 
        081 335 744443
        082 225 744443

        Rabu, 01 Juni 2016

        Cara Merawat Motor Matic Injection

        Cara Merawat Motor Injeksi
        Saat ini banyak sekali keluarna motor terbaru matic injeksi. Banyak orang lebih menggunakan matic injeksi dikarenakan lebih irit ketimbang motor matic lainnya.
        Yang membuat motor matic injekisi berbeda dengan motor matic biasanya adalah tidak adanya karburator yang digunakan pada motor matik injeksi.
        Kelebihan motor matik injeksi yang lainnya adalah, mampu membuat umur mesin panjang dan bahan bakar menjadi irit. Namun motor injeksi juga butuh perawatan yang benar – benar intensif agar tidak menurunkan perfoma ketika ada dijalan.

        Berikut ini cara merawat motor matic injeksi benar dan tepat untuk selalu terjaga, dan tetap irit.
        1. Sebelum menggunakan motor matic injeksi anda, sebaiknya panaskan dulu mesinnya sekitar 1 – 5 menit. Dengan waktu yang sebentar cukup untuk memanaskan mesin dan membuat pembakaran menjadi sempurna.
        2. Pada saat mengendarai motor matik ineksi jangan sering mengubah kecepatan laju motor dengan mendadak. Dengan merubah kecepatan yang tiba – tiba bisa membuat mesin motor matik injekesi anda berumur pendek.
        3. Ini yang paling penting, selalu cek tangki bensin. Jangan pernah sampai membuat tangki bensin motor matik injeksi anda kosong. Tidak perlu mengunggu garis bensin pada huruf E atau empty. Motor matik injeksi tidak boleh sampai kehabisan bensin.
        4. Menganti oli transmisi motor injeksi secara rutin. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah kehausan komponen mesin motor metik injkesi. Untuk penggantian maksimal oli transmusu setiap 5000 km dan oli mesin secara berkala pada setiap 1000 km.
        5. Selalu periksa kondisi busi dan aki pada motor matik injeksi anda. Busi dan aki adalah dua komponen yang membuat motor matic injeksi bertenanga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi gantilah denga yang baru dan orisinil dari bengkel yang resmi.
        6. Periksalah kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak lagi ganti dengan yang baru dan orisinil. Perhatikan juga ruang transmisi
        Sekian infromasi yang jalacu motor berikan untuk cara merawat motor matic injeksi, semoga bermanfaat

        untuk urusan pembelian mokas hub :

        "JALACU MOTOR"
        Penjualan Mokas Berkualitas
        jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu - Madiun
        081 335 744443
        082 225 744443

        Senin, 30 Mei 2016

        Tips pemula pakai motor matic


        Tips bagi pemula pemakai pengendara sepeda motor matic

        Motor matic memang motor yang sangat mudah untuk dikendarai, namun untuk beberapa orang mengendarai motor matic terasa sangat sulit bahkan ada yang tidak mau mengendarainya karena alasan takut.

        Sebenarnya mengendarai motor matic itu sama saja dengan cara mengadarai jenis motor apapun yang terpenting adalah kita harus mempunyai keseimbangan,itu merupakan modal utama yang sangat fatal.


        Berikut dibawah ini merupakan tips mengendarai sepeda motor matic. 

        1. Tata cara menghidupkan sepeda motor matic dengan cara menekan tuas rem dan menekan tombol elektrik stater.
        Proses menekan tuas rem adalah untuk mencegah sepeda motor melompat ketika membuka putaran gas, karena pada posisi belt langsung menghubung gerak yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang ini. Untuk mengurangi potensi kecelakaan beberapa langkah yang diambil yaitu sebagai berikut : 
        • Gunakan rem belakang ketika menyalakan mesin hingga tangan kanan bisa memegang handle gas dengan lebih baik dan benar.
        • Hindari melepaskan genggaman ketika tangan di handle gas pada saat mesin menyala, ini untuk mencegah tindakan-tindakan di luar kontrol atau kemampuan kita yang dapat menyebabkan sepeda motor bergerak.  


         2. Sepeda motor matic tidak perlu untuk perpindahan gigi. Prinsip kerjanya yaitu menggunakan pulley yang menentukan rasio pada putaran mesin dan putaran roda belakang. Untuk mengurangi potensi kecelakaan   langkah yang diambil yaitu : 

        • Berlatih mengendarai dengan kecepatan konstan atau tetap, bahwa mengingat pulley depan dan belakang akan membesar dan mengecil sesuai dengan perputaran gas,akan lebih menguntungkan apabila sepeda motor matic anda didukung dengan brake lock.Ketika parker atau berhenti di jalan menurun, brake lock akan menahan pergerakan motor matic anda.
        • Berlatih berkendara di jalan yang menanjak dan saat akan mendahului kedndaraan lain, karena pada sepeda motor matic kita dapat melakukan pergantian gigi ke gigi rendah dengan cepat, sedangkan pada sepeda motor matic membutuhkan proses perubahan diameter pulley.

         3. Rem belakang untuk sepeda motor konvensional dioperasikan mempergunakan kaki sedangkana rem belakang sepeda motor matic dioperasikan mempergunakan tuas rem di sebelah kanan.

        Untuk mengurangi pkemungkinan kecelakaan beberapa langkah yang diambil yaitu : 
        Penggunaan tuas rem menggunakan empat jari, hingga kekuatan pada saat pengereman akan lebih baik. Gunakan rem depan dan belakang dengan bersamaan. Gunakan rem depan sedikit lebih kuat.

         4. Sepeda motor matic mempunyai mesin brake yang sangat kecil, dan lagi bila dibanding dengan sepeda motor konvensional lainnya. Hal ini menimbulkan proses memperhambat sepeda motor hanya menggunakan rem depan dan belakang saja.
         
        Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan beberapa langkah yang diambil yaitu : Berlatih menggunakan kecepatan dengan menggunakan rem di jalan yang menikung, sehingga sepeda motor tidak keluar jalur. Berlatih menggunakan kecepatan dengan mempergunakan rem di jalan yang menurun, agar sepeda motor tidak melaju terlalu kencang. 

        Demikian tips mengendarai sepeda motor matic bagi pumula pemakai motor matic yang terpenting adalah kita harus mempunyai niat dan harus terus berusaha utk berlatih, dgn begitu pasti kita bisa menguasai berkendara motor matic.
        Saran jalacu motor, tetap lah berhati hati dalam berlatih berkendara, keselamatan anda terletak di anda sendiri.

         Semoga Bermanfaat

        "JALACU MOTOR"
        Penjualan Mokas Berkualitas
        Jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu - Madiun
        081 335 744443
        082 225 744443

        Perhitungan Pajak kendaraan dan denda

        Salam Jumpa

        Bagian Humas Mabes Polri kembali memberikan sosialisasi tentang permasalahan umum yang belum banyak dipahami masyarakat, informasi yang diunggah di berbagai media sosial, kali ini membahas tentang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan perhitungan pajak.

        Dari informasi tersebut, dijelaskan bahwa STNK adalah bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika digunakan di jalan.
        Isinya, identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi, dan masa berlaku termasuk pengesahan.

        Berikut istilah yang tercantum di STNK plus perhitungan pajaknya:

        1. BBN KB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas (second) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

        2. PKB. (Pajak Kendaraan Bermotor) Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.

        3. SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.

        4. BIAYA ADM (Biaya administrasi): Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM.

        5. Denda Pajak Kendaraan Bermotor :
        Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.
        Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun
        Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
        Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
        Denda SWDKLLJ : besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

        Contoh: Anda punya sepeda motor dan terlambat bayar 6 bulan. Jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 dan SWDKLLJ Rp 35.000. Maka Anda dikenakan denda keterlambatan sebesar (Rp 232.000 (PKB) x 25% x 6/12 ) + Denda SWDKLLJ (Rp 32.000) = Rp 61.000.
        Sehingga, total yang harus dibayar sebesar adalah Rp 232.000 (PKB) + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 61.000 (denda) = Rp 328.00

        Semoga artikel ini bermanfaat, buat semua pembaca khususnya WP
        Salam

        JALACU MOTOR
        Penjualan Mokas Berkualitas
        Jl Raya Dungus No.23 Mojopurno
        Wungu-Madiun 

        081 335 744443
        082 225 744443