Salah satunya adalah Yamaha Vega ZR.
Motor bebek evolusi dari Vega Z ini memiliki pasar yang cukup baik dan
menjanjikan.Oleh karena prospek positif itulah, Yamaha memanjakan
pecinta Vega ZR dengan desain baru dan tampilan segar.

Dilaunching awal 2009, motor ini sudah mencuri perhatian publik dengan striping segar dan performa yang menjanjikan. Beberapa pengamat mengatakan bahwa meskipun didesain sporty namun konsep yang ditawarkan adalah motor bebek yang nyaman dikendarai.
Dengan postur lebih tinggi
membuat Vega ZR nyaman dikendarai. Hal ini tidak luput dari desain
ergonomi antara jok, pedal dan stang yang membuat posisi duduk menjadi
santai.
Headlamp dan lampu sein diletakan secara harmonis dan sporty.
Meski lampu belakang masih terkesan biasa. Selanjutnya adalah desain
cluster meter yang menyajikan tripmeter, speedometer, pengukur bahan
bakar serta informasi lampu.
Meski masih analog, tampilan cukup
minimalis tapi tetap mudah terbaca walaupun dalam keadaan gelap. Untuk
tahun 2012 diadakan penyegaran desain dengan mengusung warna putih
dipadu striping merah sebagai pemanis penampilannya. Hal ini untuk
semakin menarik target konsumen Vega ZR yaitu para kawula muda yang
berjiwa sporti dan dinamis.
Untuk soal mesin rasanya Yamaha sudah membuktikan bahwa racikan motornya selalu selangkah didepan dibanding kompetitornya, dalam hal ini motor bebek. Bermesin 113 cc SOHC, 2 valve dan 4 tak mampu menghasilkan tenaga 6 KW atau 4,5 HP pada 7.500 rpm.
Untuk soal mesin rasanya Yamaha sudah membuktikan bahwa racikan motornya selalu selangkah didepan dibanding kompetitornya, dalam hal ini motor bebek. Bermesin 113 cc SOHC, 2 valve dan 4 tak mampu menghasilkan tenaga 6 KW atau 4,5 HP pada 7.500 rpm.
Beberapa test driver mengaku cukup
puas dengan performa di tarikan bawah sampai tengah. Namun pada track
lurus dengan kecepatan antara 80 – 90 Km/jam mesin dirasa bergetar dan
kurang bertenaga.

Pada kecepatan rendah menengah, motor ini dirasa
sangat nyaman untuk diajak bermanuver. Tarikannya pas dan lincah. Pas
sekali untuk kendaraan di kota-kota besar yang rawan macet. Bermanuver
menyalip dan menyelip diantara kemacetan rasanya bukan hal sulit bagi
motor ini. Kelemahan kembali ditemukan saat melaju di track lurus.
Motor
terasa limbung saat digeber 80-90 Km/jam. Mungkin karena berat motor
yang hanya 47 Kg menyebabkan motor kurang stabil. Meskipun begitu,
tingkat penjualan Vega ZR cukup baik. Untuk harga Yamaha Vega ZR dibandrol Rp. 12,1 juta on the road Jakarta. Harga murah namun kualitas tidak murahan. Itulah Yamaha.
SPEC MESIN
Tipe Mesin:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder:
113,7 cc
Diameter x Langkah:
50,0 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi:
9,3 :
Daya Maksimum:
6.0 kW / 7500rpm
Torsi Maksimum:
8,3 Nm / 4500rpm
Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan:
Basah
Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar:
Karburator VM17SH x 1
Tipe Kopling:
Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat
Tipe Transmisi:
Seesaw, 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi:
N-1-2-3-4
SPEC MESIN
Tipe Mesin:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder:
113,7 cc
Diameter x Langkah:
50,0 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi:
9,3 :
Daya Maksimum:
6.0 kW / 7500rpm
Torsi Maksimum:
8,3 Nm / 4500rpm
Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan:
Basah
Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar:
Karburator VM17SH x 1
Tipe Kopling:
Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat
Tipe Transmisi:
Seesaw, 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi:
N-1-2-3-4
Semoga bermanfaat
Salam "jalacu motor"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar