Kamis, 04 Februari 2016

Spesifikasi Honda New Revo FI dan Fit CW SW


SPESIFIKASI KELEBIHAN KELEMAHAN SEPEDA MOTOR HONDA NEW REVO FI DAN FIT FI CW SW TERBARU

Info otomotif terbaru 2016Spesifikasi kelebihan kelemahan sepeda motor honda new revo fi dan fit fi cw sw terbaru. Seribumotorgaul.blogspot.com ucapkan selamat datang, pusat kalian mencari ragam informasi harga motor yamaha terbaru, suzuki, kawazaki, honda dan beberapa infromasi situs jual beli mobil serta motor bekas terbaru bisa kalian baca disini. Namun kali ini seribu motor gaul sajikan info tentang Spesifikasi kelebihan kelemahan sepeda motor honda new revo fi dan fit fi cw sw terbaru yang mungkin bisa menjadi bahan kalian mencari referensi atau perbandingan harga atau spesifikasi motor atau mobil. Untuk informasi serupa di berhubungan dengan tulisan ini sudah dikategorikan di Honda , Motor Bebek . Disana bisa kalian baca sendiri lengkap semua berita dan review otomotif terbaru Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember, selamat membaca !

Spesifikasi kelebihan kelemahan sepeda motor honda new revo fidan fit fi cw sw terbaru. Mau belanja sepeda motor sekarang sangat gampang, bisa beli online. Tapi kalau anda baru sekedar ingin mencari informasi Spesifikasi sepeda motor honda new revo fi dan fit fi bebek injeksi terbaik terbaru maka tepat masuk kesini. Sebelum memutuskan membeli motor memang agaknya anda perlu untuk mengetahui spesifikasi apa yang cocok untuk kendaraan anda. 

Pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan, apakah motor itu untuk harian, atau untuk touring. Diluar itu seribu motor gaul hanya saja ingin berikan informasi mengenai honda revo fi terbaru milik yamaha yang merupakan jajaran produk motor bebek yang dimiliki oleh honda.

Kelebihan new honda revo fi injeksi terbaru

Sekilas motor bebek revo fi seperti motor bebek pada umumnya, namun pada besutan honda ini memiliki kelebihan yang beda dengan lainnya. Motor milik honda yang di perkenalkan dengan sebutan New Honda Revo FI ini memiliki banyak fitur unggulan diantaranya adalah motor revo fi sudah memiliki sistem pendingin udara. Dimana juga di persenjatai dengan mesin yang sudah berkapasitas 110cc. 

Selain itu motor ini juga irit bahan bakar karena sudah menggunakan teknologi injeksi PGM-FI, New Honda Revo FI mampu memenuhi standar emisi EURO 3. Dimana hebatnya lagi bahwa motor honda revo yang terbaru kini sudah mampu mengonsumsi BBM yang lebih hemat dibandingkan dengan tipe karburator. Berbicara soal kelemahan memang hal itu tergantung siapa yang menggunakannnya, oleh sebab itu ketahui dulu spesifikasi dari motor ini.
Honda Revo FI

Spesifikasi motor honda all new rebo fi terbaru

Panjang X Lebar X Tinggi:1.919 x 709 x 1.080 mmJarak Sumbu Roda:1.227 mmJarak Terendah ke Tanah:135 mmBerat Kosong:97,5 KgTipe Rangka:Tulang punggungTipe Suspensi Depan:TeleskopikTipe Suspensi Belakang:Lengan ayun dengan peredam kejut gandaUkuran Ban Depan:70/90 - 17 M/C 38PUkuran Ban Belakang:80/90 - 17 M/C 44PRem Depan:Cakram hidrolik, dengan piston tunggalRem Belakang:TromolKapasitas Tangki Bahan Bakar:4,0 ltTipe Mesin:4 langkah, SOHC, silinder tunggalDiameter x Langkah:50 x 55,6 mmVolume Langkah:109,17 ccPerbandingan Kompresi:9,3 : 1Daya Maksimum:6,56 kW (8,91 PS) / 7.500 rpmTorsi Maksimum:

8,76 Nm (0,86 kgf.m)/6.000 rpm

Kapasitas Minyak Pelumas Mesin:0,8 lt pada pergantian periodikKopling Otomatis:Multiple wet clutch with Diaphragm SpringGigi Transimsi:4 kecepatan bertautan tetapPola Pengoperan Gigi:4 kecepata, rotariStarter:Pedal dan ElektrikAki:MF 12 V - 3 AhBusi:NGK CPR6EA-9S atau NDU20EPR9SSistem Suplai Bahan Bakar

Injeksi(PGM-FI/Programmed Fuel Injection)

Sistem Pengapian:Full Transisterized

Pilihan warna honda revo fi terbaru

Untuk pilihan varian anda bisa membeli revo fi biasa atau standart, namun ada pula untuk honda revo fi fit yang memilik pilihan warna yang banyak disukai pecinta honda. Untuk pilihan warna new revo fi swada pilihan warna merah biru hitam dan hijau. Untuk revo fi cw ada warna juga sama yakni merah biru hitam dan hijau juga, sementara untuk revo fi fit ada merah hijau dan biru saja. Itu tadi sedikit informasi seribu motor gaul mengenai Spesifikasi sepeda motor honda new revo fi dan fit fi cw sw kelebihan kelemahan.

Salam "Jalacu Motor"


Senin, 01 Februari 2016

HONDA VARIO 150 eSP

Honda Vario 150 eSP, Tak Begitu Liar Meski Pendek dan CC Besar

Peluncuran produk perdana PT Astra Honda Motor (AHM) di 2015 yaitu Honda Vario 150 pada Rabu (14/1/2015) pekan lalu, memang sudah diprediksi sejak akhir tahun 2014. Ekspektasi motor yang bakal terasa liar karena 'menggendong' mesin yang lebih besar, ternyata tidak terasa.

Malah cenderung nyaman dikendarai, tapi tetap bisa agresif jika membetot gas dengan cara berbeda. Lalu apa saja bagian yang membuat motor ini menjadi nyaman meski berkapasitas mesin besar seperti motor-motor skuter asal Italia?
AHM memberikan kesempatan kepada Metrotvnews.com untuk melakukan pengetesan, untuk bisa merasakan performanya.

Kenyamanan
Berbicara tentang kenyamanan, tentu beberapa aspek yang bisa dibahas di sini. Diantaranya kenyamanan sebelum mengendara. Kenyamanan sebelum mengendara fitur answer back system, memudahkan pengendara untuk menemukan posisi parkir kendaraan. Jika diruang terbuka tanpa ada halangan, motor bisa merespon sistem ini sejauh maksimal 30 meter.

Naik ke atas jok-nya, motor ini pun memberikan posisi mengendara yang sangat nyaman. Lekukan jok sengaja dimundurkan beberapa milimeter untuk membuat pengendara bebas memilih posisi mengandara terbaik. Riding position ini tentunya berimbas untuk membuat handling motor jadi lebih nyaman dalam segala kondisi.

Langsung putar kunci ke posisi ON, rupanya cukup senyap. Teknologi ini dinamakan dengan sistem ACG Starter. Tidak ada lagi hentakan ketika melakukan start up mesin. Begitu juga ketika sistem Idle Stop System-nya bekerja. Lalu bagaimana dengan kenyamanan handlingmotornya?

Pada kondisi lintasan yang basah, kami coba untuk melakukan manuver sedikit ekstrim pada motor matic baru Honda itu. Ternyata tidak hanya berbeda dengan versi 125 cc, ketika bermanuver di tikungan berputar U, sudut putar setangnya ternyata mengalami perubahan.

"Kami melakukan sedikit perubahan pada trail dan rake angle di motor ini. Artinya sudut putar juga pasti berubah. Kemudian konfigurasi dek motor juga otomatis lebih pendek. Tapi tidak mengurangi kenyamanan posisi kaki di dek," ujar Sarwono Edi selakuTechnical Service Training Manager PT AHM.

Performa
Berbicara tentang performa, tentunya tidak butuh putaran yang terlalu banyak untuk bisa merasakan performanya. Abaikan ekspektasi anda tentang tenaga yang akan membuat motor jadi liar. Lantaran putaran tenaga dari bawah cukup halus namun tetap menyajikan agresifitas tinggi.

Kapasitas murni mesin sebesar 149,3 cc yang digendongnya, punya perbandingan kompresi sebesar 10,6:1. Artinya dengan kompresi besar seperti itu, bisa dikatakan rekomendasi bahan bakar untuk motor ini adalah bbm dengan oktan 95 atau biasanya Pertamina Plus atau Shell V Power.

Ketika membawa motor dengan bobot ringan 109 killogram ini bermanuver, rasanya tidak sulit. Artinya dalam kondisi jalan raya perkotaan sangat bisa diandalkan.

Sistem pengereman
Combi brake system adalah sistem yang sekjak dulu digunakan oleh Honda. Konfigurasinya pun disusun sedemikian rupa agar sesuai dengan standar keamanan yang diingin. Yaitu tuas rem kiri yang mengkombinasikan rem belakang dengan rem depan. Jadi cukup menekan tuas rem kiri, pengereman maksimal sudah bisa dilakukan.

AHM sendiri menawarkan harga yang cukup bersaing dengan motor-motor skuter matic lain yang  memiliki kapasitas cc sama. Yaitu Rp20.050.000 untuk versi exclusive, sedangkan versi sporty ditawarkan dengan banderol Rp19,9 juta

Berbagi
Salam "Jalacu Motor "

Rabu, 27 Januari 2016

Cara Jual Motor Bekas

Cara Mudah Menjual Motor Bekas

Berencana ganti motor lama dengan yang baru tapi kekurangan biaya? Disarankan menjual motor lama ke orang lain atau dealer, nanti uang hasil penjualan bisa dipakai untuk membeli kendaraan roda dua impian. Bagaimana cara menjual motor bekas agar cepat laku?
Bukan hal gampang memang, sebab ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan supaya harga pasaran tidak jatuh drastis.

Jual Motor Bekas

Jualan sepeda motor sudah tidak sesulit beberapa tahun lalu sewaktu mengandalkan iklan baris di surat kabar atau menempel selebaran di sekitar area rumah. Menawarkan kendaraan roda dua kondisi seken (second) jadi semakin lebih mudah dalam hitungan menit berkat kehadiran internet seperti situs iklan baris dan sosial media.
Memang benar media promosi gampang diraih, tetapi menjual motor bekas tidak semudah yang dibayangkan.

Beberapa hal penting wajib diperhatikan supaya harga jual tidak jatuh drastis dan justru merugi. Ada dua pilihan ketika ingin menjual kendaraan roda dua bekas, entah personal atau dealer, keduanya punya kelebihan dan kekurangan yang tak sama.
Menjual secara personal bisa memanfaatkan situs iklan baris di internet

Dianjurkan jual langsung ke dealer khusus motor bekas bila butuh uang cepat.
Sebelumnya penjual harus memperhatikan beberapa hal penting yaitu:
1) Cari tahu informasi harga pasaran seken, baik jenis dan tipe motor,.
2) Periksa kondisi motor secara menyeluruh, jangan ragu menjual dengan harga tinggi bila kondisinya prima.
3) Periksa semua kelengkapan dokumen motor yang diperlukan dan jangan lupa menyiapkan riwayat perawatan kendaraan dari bengkel resmi (bila ada).
Periksa semua dokumen bila ingin bertransaksi dengan dealer. Baca semua dokumen terlebih dahulu secara cermat sebelum akhirnya membubuhkan tanda tangan. Jangan lupa mendokumentasikan perjanjian secara tertulis dan lisan, bila perlu membuat pernyataan resmi di atas selembar kertas bermaterai.

Kapan waktu terbaik menjual sepeda motor seken? Jangan terburu-buru menjual motor lama, perhatikan pula momen terbaik untuk melepasnya. Waktu paling tepat yaitu awal bulan, tepatnya disaat karyawan instansi pemerintah dan swasta menerima gaji.
Selain itu, coba pula memanfaatkan momen awal tahun ajaran baru. Biasanya, pelajar SMA dan mahasiswa membutuhkan kendaraan roda dua untuk mempermudah mobilitas.

Demikian cara mudah menjual motor bekas, ssmoga beanfaat.

Salam
Jalacu Motor Madiun

Minggu, 27 Desember 2015

SPESIFIKASI HONDA BEAT 2010

HONDA BEAT

Menggunakan motor Honda Beat memang santai banget ga perlu repot - repot ganti gigi, cocok banget yang suka jalan yang padat maupun jalan yang relative sepi. Perbedaan yang paling terasa pada saat kondisi macet, pemakai honda beat nggak  merasa terlalu capek, karena sytem pemakaian pengoperasian motor beat yang nggak pakai permindahaan gigi, syetem pengerimannya pun juga relative sangat mudah..
https://edorusyanto.files.wordpress.com/2011/07/beat-black-cw.jpg
Selain bahan bakarnya juga sangat irit, kemudahan lain adalah sangat gesit bila di kendarai, didukung body nya yang nggak terlalu besar tapi tetap menawan.

Honda BEAT dilengkapi dengan fitur rem yang berfungsi sebagai rem tangan serta fitur standar Automatic Side tuas pengunci yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan saat penambahan standar dalam posisi ke bawah.

Spesifikasi Teknis Honda BEAT 2010
  • Panjang x lebar x tinggi: 1859 x 676 x 1053 mm
  • Wheelbase: 1.240 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 156 mm
  • Berat kosong: 89,3 kg
  • Jenis order: Spine
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Jenis suspensi belakang: lengan ayun dengan sokbreker tunggal
  • Ukuran ban depan: 80/90 - 14 M / C 40P
  • Ukuran ban belakang: 90/90 - 14 M / C 46P
  • Rem depan: Tipe cakram hidrolik dengan piston ganda
  • Rem belakang: tromol
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 3,5 liter
  • Jenis mesin: 4 langkah, SOHC
  • Diameter x langkah: 50,0 mm x 55,0 mm
  • Volume langkah: 108 cc
  • Perbandingan kompresi: 9.2: 1
  • Daya Maksimum: 8.22 PS / 8000 rpm
  • Torsi Maksimum: 0,85 kgf.m / 5500 rpm
  • Pelumas mesin kapasitas minyak: 0,7 liter pada penggantian periodik
  • Gigi transmsi: Otomatis, V-Matic
  • Starter: Starter Electric dan kick starter
  • Aki: MF battery, 12 V - 3,5 Ah
  • Busi: ND U 24 EPR9, EA-9 NGK CPR8
  • Sistem pengapian: DC - CDI, battery
  • Sistem pendingin: kipas pendingin
  • Karburator: VK22 x 1
  • Lampu depan: 12 V 32 W x 1
  • Lampu senja: 12 V 3,4 W x 1

Jumat, 13 November 2015

SPEKSIFIKASI YAMAHA NEW JUPITER Z




 Foto Spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 Terbaru
DIMENSI
P x L x T    : 21.930 mm x 680 mm x1.065 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.235 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 150 mm
Tinggi Tempat Duduk: 765 mm
Berat Isi: 102 Kg
Kapasitas Tangki Bensin: 4,2 Liter

MESIN
Tipe Mesin: 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder: Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder: 113 cc
Diameter x Langkah: 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi: 9,3 : 1
Daya Maksimum: 6,6 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum: 9,0 Nm / 4.000 rpm
Sistem Starter: Electric Starter & Kick Starter
Sistem Pelumasan: Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin: 800cc (Berkala) / 1.000 cc (Total)
Tipe Karburator: (MIKUNI) VM17SH x 1
Tipe kopling: Basah, Kopling Ganda Sentrifugal
Tipe Transmisi: Tipe ROTARY 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)
RANGKA
Tipe Rangka : Pipa Baja Underbone
Suspensi Depan: Telescopic
Suspensi Belakang: Lengan Ayun, Suspensi Ganda
Ban Depan: 70/90 - 17M/C 38P
Ban Belakang: 80/90 - 17M/C 44P
Rem Depan: Cakram
Rem Belakang: Tromol
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian: DC C.D.I.
Battery: YTZ5S (MF Battery)
Tipe Busi: C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO)                   

Jumat, 21 Agustus 2015

Cara Service Motor Sendiri

Cara Service Motor Sendiri

Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:
1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.
- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)
- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe).
2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
Nih ada info rinci merawat aki
Klik disini
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak Hasil gambar untuk cara service motormau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
- Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
- Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…Hasil gambar untuk cara service motorHasil gambar untuk cara service motor

CARA SEDERHANA SERVICE MOTOR

CARA SERVICE SEDERHANA
 
Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.

Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:


1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.


Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.


- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)


- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).


Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe). 


2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
 

Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
Nih ada info rinci merawat aki
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
- Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
- Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…