Rabu, 11 Mei 2016

TIPS CERDAS , BELI MOTOR BEKAS

Bagaimana tips cerdas sebelum membeli motor second ?

Berikut tips tips yang harus kita perhatikan. 

TIPS MEMILIH SEPEDA MOTOR BEKAS,
SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BELI....

Bagaimana bila kita ingin memiliki sepeda motor, namun dana terbatas?
Jangan khawatir, sepeda motor bekas bisa menjadi pilihan. Walaupun namanya bekas, namun banyak sepeda motor yang dijual dengan kondisi sangat baik, dgn kwalitas tak ada bedanya dgn motor baru.
Berikut ini beberapa tips dalam memilih sepeda motor bekas, sebelum beli motor :

1. BUDGETING / ANGGARAN
Hal yang paling penting dari membeli sebuah motor bekas adalah budgeting. Sesuaikan motor yang akan kita beli dengan kemampuan finansial kita.
misalnya hanya memiliki uang sebesar 5 juta, jangan mengincar motor bekas dengan harga diatasnya misalnya10 juta, yang mana tidak mungkin untuk dibeli walaupun terjadi proses tawar menawar.
Bijaklah dalam mencari motor yang sesuai dengan budget dan kemampuan finansial yang kita miliki.
Namun demikiam bukan berarti kita tdak bisa pilih harga di atas budget tersebut, masih ada cara dgn system kredit, banyak dealer yg memberikan fasilitas itu
Tentukan uang muka nya, ambil angsuran dan jangka waktu yg sesuai dgn kapasitas kita.

2. TENTUKAN MOTOR yang akan kita BELI sesuai dengan
KEBUTUHAN dan TUJUAN kita.
Pertimbangkan terlebih dahulu fungsi dan tujuan beli motor, semua yang kita lakukan dalam pembelian motor haruslah sesuai dgn kebutuhan dan  tujuan. kita harus benar benar mengetahui, untuk apa motor bekas ini kita beli.

3. PILIH JENIS MOTOR yang kita INGINKAN.
Setelah mengetahui budget yang dimiliki, dan tujuan dari pembelian motor bekas, silahkan kita tentukan jenis motor apa yang akan kita pinang. Banyak sekali jenis motor yang bertebaran di Indonesia.
Mulai dari motor matic, bebek, mofid, sport, hingga motor offroad. Sesuaikan pula motor dengan kebutuhan atau kesenangan kita.

4. CARI INFORMASI SPESIFIKASI MOTOR yang akan kita beli
Apakah kita sudah punya gambaran spesifikasi motor bekas yang kita incar, kalo belum Carilah sedetil-detilnya mengenai karaktristik motor tersebut, jangan sampai kita tdk faham, bila sudah faham baru lah bisa cari dimana kira kira kita akan incar motor tersebut.

 5.CEK HARGA PASAR MOTOR INCARAN KITA
Setelah mengetahui motor incaran kita termasuk dalam tipe motor apa, sekarang saatnya kita mencari informasi range harga dari motor incaran kita. 
Apabila harga motor incaran kita sesuai budget, maka lanjutkanlah dengan mencari motor incaran kita di dealer penjualnya.
Namun apabila tidak sesuai dengan budget, silakan kita tanyakan pada dealer penjualnya bagaimana rosedur seandainya pembelian motor secara kredit, perhitungan detail kreditnya, Uang muka, angsuran, maupun jangka waktunya.

 6. JANGAN TERPAKU HANYA PADA 1 JENIS TYPE dan MERK saja
Merk dan jenis motor bekas sangatlah banyak. Maka ada baiknya kita memiliki daftar lain jenis dan merk motor yang dapat kita pilih sebagai cadangan.
Karena tidak semua motor yang anda inginkan pasti ada dan ready stock.
Ada beberapa merk atau jenis motor bekas lain yang memiliki spesifikasi sama yang memiliki kondisi lebih baik. Selalu berikan pilihan lain dalam daftar pilihan kita, namun jangan terlalu banyak, agar nantinya kita tidak bingung sendiri.

7. CARILAH MOTOR BEKAS di DEALER (SHOUROOM) TERPECAYA.
Bisnis jual beli motor sudah menjamur dimana-mana, banyak dealer yang menyajikan promo menarik, seperti kredit motor bekas, harga di bawah pasar, dan masih banyak lagi. 
Intinya adalah, ketika kita memutuskan untuk membeli motor bekas di dealer motor bekas, pastikan  mengetahui KELEBIHEN dan KEKURANGANdari dealer tersebut.
Pastikan Dealer tersebut memberi kemudahan dan jaminan pasti baik surat surat motornya maupun dokument ( BPKB, STNK, FAKTUR ) nya terutama Jaminan pengurusan secara GRATIS bila pajak, balik nama, maupun perpanjangan stnk 5 thn an
Disini kita akan FAHAM pentingnya akan KELEBIHAN dan KEKURANGAN dealer penjual tersebut, selain harga pasar dari motor yang kita incar. 
Bagi anda yang  kurang percaya dengan dealer motor bekas, atau merasa trauma, anda bisa mencoba menghubungi penjual secara langsung, dengan cara melihat iklan-iklan penjualan motor di berbagai media, baik itu media cetak maupun elektronik.

9. RIWAYAT MOTOR yang akan kita beli haruslah BAIK.
Setelah semua beres dan kita menemukan penjual yang memiliki motor bekas sesuai dengan kondisi finansial dan urgensi kita, maka sekarang saatnya melihat histori dan riwayat motor bekas tersebut.
Yang pasti, motor bekas tersebut bukanlah motor curian, motor sitaan, motor yang sedang dijaminkan, ataupun motor orang lain.
Pastikan juga apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan dan kerusakan yang cukup parah.
Tanyakan pada dealer penjualnya mengenai historis  dari KB Samsat, atau kepolisian apakah permah motor tsb utk tindakan kejahatan atau kriminal, kasus tabrak lari dan lain sbgnya, Apabila pernah, usahakan untuk mencari penjual lain dengan riwayat motor yang lebih baik. Namun apabila tidak, anda harus bisa menerima konsekuensinya apabila anda mengambil motor tersebut.
ingat, di atas sdh terjabarkan bahwa motor yg akan anda beli haruslah motor yg benar benar tdk bermasalah.

10.KELENGKAPAN SURAT SURAT MOTOR.
Semua kendaraan nermotor, wajib di lengkapi surat surat resmi yang Asli dan SAH, seperti BPKB, STNK, dan faktur.
Tentang keabsahaanya tanyakan pada dealer penjual apakah surat surat tsb sdh di lakukan pengecekannya di instansi terkait atau kepolisian, mintalah legalitasnya utk kepastian anda.
Jangan mau mengambil dan menerima motor yang STNK atau BPKB nya sedang dijaminkan.
Cari info juga, apakah KTP dari nama yang tertera di BPKB masih berlaku dan dapat digunakan untuk keperluan balik nama.

Apabila lampiran di atas tdk ada, alangkah baiknya tinggalkan saja, ini utk keselamatan keamanan anda sendiri di kemudian hari.

Jalacu Motor sarankan, pastikan motor yang akan anda beli di lengkapi dengan surat keterangan keaslian dan ke absahan nya dari instansi yang terkait, mengenai :
  • BPKB motor tersebut adalah benar benar asli dan Sah
  • Nomor Rangka dan Nomor Mesin motor tersebut adalah benar benar asli dan Sah
  • STNK motor tersebut adalah asli dan sah
  • STATUS motor tersebut adalah benar benar motor tidak bermasalah
Disinilah pentingnya kita mengetahui PILIHAN dealer dimanakah sebaiknya kita bertransaksi

11. Periksa Kondisi Fisik dari Motor Bekas.
Riwayat OK, surat pun OK. Sip, sekarang saatnya cek kondisi fisik dari motor bekas pilihan kita. Pertama, cek dulu kondisi body keseluruhan. Baret di bagian tertentu akan mengurangi harga dari motor tersebut, so telitilah terlebih dahulu. Setelah itu cek fungsi panel-panel speedometer, lampu dan indikator motor tersebut. Kemudian, cek juga kondisi roda dan mesin, serta bagian-bagian lain dari sisi motor.
Pastikan Dealer penjual tersebut memberi jaminan pasti kondisi motornya. Bila dealer mtr tersebut tidak meberikan jaminam Fasitas secara gratis sevice nya, gratis garansi nya perlu anda pertimbangkam kondisi motor yang di jualnya.
Tidak sedikit dealer penjual selalu beriklan kondisi motormya bagus, namun tdk berani memberi garansi, disinilah kunci bgmn ssebenarnya mengenai kondisi motor yang mereka jual.
berhati hatilah..

12. JANGAN MEMBELI MOTOR yang sudah di MODIFIKASI apabila kita tidak mengerti mengenai motor yg akan kita beli.
Ini satu lagi bagi anda yang kurang mengerti mesin dan perangkat-perangkat modifikasi kendaraan, terutama sepeda motor. Jangan coba-coba untuk memilih sepeda motor yang sudah dimodifikasi oleh pemilik sebelumnya apabila anda tidak mengerti. Carilah motor dengan kondisi standar. Apabila kita tidak mengerti tentang mesin dan modifikasi pada motor, maka kita bisa dengan mudah dikelabui mulai dari harga jual motor, dan nantinya kemungkinan kita untuk dikelabui oleh montir semakin tinggi.

13. LAKUKAN TEST DRIVE
Nah, setelah anda mengetahui seluk beluk motor bekas yang akan kita ambil, maka kita wajib melakukan test drive. Ingat, WAJIB! Ini dilakukan untuk membuktikan bahwa motor bekas yang akan kita ambil, benar-benar berada dalam kondisi prima dan enak serta nyaman untuk dikendarai. Cobalah melakukan test drive berbelok, mengerem, test tingkat kekerasan shock, akselarasi, dan kelistrikan motor, mintalah waktu untuk masa pengecekan 1, 2 hari atau bahkan 1 minggu , bisa jadi pengecekan motor saat di dealer keluhan dan kekurangan motor tersebut belum muncul, atau keluhan muncul setelah beberapa hari...di sini perlu yang namanya garansi,mintalah garansi pasti dari dealer penjual.

14.AKTIVE BERTANYA pada PENJUAL
Sembari melakukan test drive, aktiflah dalam bertanya dengan penjual. Tanyakan lagi tentang motor yang akan kita ambil secara detail. Apabila ketika test drive kita merasakan ada yang kurang enak dan kurang nyamanya mtr tsb,mintalah untuk merekondisi fhisik motor agar kita benar benar puas..dan motor sesuai dgn keinginan kita

15. PERKIRAKAN Kebutuhan akan Biaya PERAWATAN maupun PEMBELIAN
Ketika kita sudah mengetahui kondisi dari motor bekas yang akan anda ambil, anda harus bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan dalam merawat motor bekas bila dealer tersebut TIDAK memberi fasilitas gratis service maupun garansi.
Ingat, jangan sampai kita sudah bisa mendapatkan motor bekas pilihan kita, namun anda tidak bisa menebus biaya perawatannya kelak, hanya karena dealer tsb tidak memberi service gratis dan garansi.

16. NEGOSIASI HARGA dengan TENANG dan JANGAN TERBURU BURU
Baiklah, akhirnya motor idaman anda sudah hamper di tangan. Proses selanjutnya adalah proses yang paling penting. Negosiasi. Yap, ini adalah motor bekas, harga pun disesuaikan dengan harga pasar dan kondisi motor. Setelah anda merasakan motor tersebut, anda dapat mulai melakukan negosiasi. Berikan tawaran harga yang menarik, tidak terlalu jauh dari harga awal, namun tidak terlalu mahal juga bagi kantong anda. Usahakan jangan terburu-buru dalam memberikan penawaran. Santai saja. Apabila anda memberikan penawaran secara terburu-buru, maka nanti bisa jadi anda malah salah menyebutkan penawaran, yang nantinya malah merugikan diri anda sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam memilih motor bekas, sebelum memutuskan untuk beli, apabila kita bisa memilih dengan tepat, pasti nantinya kita akan mendapatkan motor bekas yang berkualitas, yang tidak kalah dengan motor keluaran terbaru.(reg jalacu motor)
Semoga bermanfaat.

Salam
JALACU NUSANTARA MOTOR
Jl Raya Dungus No,23 Mojopurno
Kec Wungu - Kab Madiun
Telp/WA 081 335 744443 / 082 225 744443

Selasa, 10 Mei 2016

Spesifikasi HONDA VARIO TECHNO FI CBS 2014

Spesifikasi Kelebihan Honda Vario Techno FI CBS 2014
   
Sejak keluaran pertama motor matic dari Honda sudah dikenal dengan iritnya dalam konsumsi bahan bakar, sehingga banyak sekali masyarakat yang tertarik menggunakan produknya untuk fasilitas transportasi harian, salah satu motor matic unggulan dari Astra Honda Motor yaitu Honda Vario, dan sampai saat ini telah banyak mengalami perkembangan secara kwalitas, Vario Techno FI CBS 2014 sebagai pelopor skuter matic di Indonesia.
Hanya dengan sedikit perubahan tampilan varian terbarunya Honda Vario sanggup tarik perhatian para penikmat kendaraan matic roda dua secara nasional.untuk varian motor ini  hingga saat ini masih banyak sekali pemesanan.
Honda Vario FI CBS 2014 hadir dengan teknologi terbaru yang menampilkan desain lebih gahar dan simpel. Di luncurkannya varian terbaru Vario ini untuk mewujudkan hasil inovasi Honda pada teknologi PGM-FI 2014.
Kelebihan dan Spesifikasi Honda Vario FI CBS 2014 sebagai berikut :

Honda Vario FI CBS 2014
Dimensi(P x L x T) – 1,918x689x1,103mmBerat kosong112 kg
RangkaTulang punggung 
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan ayun dengan shockbreaker tunggal 
Ukuran Ban depan80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang90/90 – 14 M/C 46P 
Rem depanCakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System 
Mesinlangkah, SOHC 
Sistem pendinginan
Pendinginan udara dengan cairan 
Diameter x langkah52,4 x 57,9 mm 
Volume langkah –124.8 cc
Perbandingan kompresi11,0 : 1 
Daya maksimum11,3 PS / 8500 rpm 
Torsi maksimum1,1 kgf.m / 5000 rpm 
KoplingOtomatis, sentrifugal, tipe keringStarter 
Pedal & ElektrikBusi ND U22EPR-9, CPR7EA-9
Sistem Bahan BakarInjeksi (PGM-FI) 
Kapasitas tangki bahan bakar– 5.5 liter 
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin0,8 liter pada penggantian periodik 
TransmisiOtomatis, V-MaticKelistrikanAki – 12 V – 5 Ah (tipe MF)
Sistem pengapianFull transisterize, Baterai

Honda Vario FI CBS 2014 telah menggunakan hasil inovasi injeksi terkini, sehingga performa mesin yang dimiliki menjadi lebih tinggi dari seri tahun sebelumnya, hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Vario 125 FI Techno CBS tetap disediakan dalam dua versi yaitu CBS-non ISS dan CBS-ISS, dengan berbagai fitur baru siap masuk dalam persaingan pasaran motor matic nasional. Sebagai produk versi terbaru dari Honda skuter matic yang saat ini sangat populer di Indonesia. 

Honda Vario 125 FI Techno CBS telah siap berkompetisi sebagai skuter matic terbaik di Indonesia.
Untuk mendominasi pasar motor matic di Indonesia sepertinya akan tercapai dengan hadirnya Vario FI CBS 2014 ini, dengan fitur-fitur canggih dan desain baru kini semakin layak menjadi pelopor skuter matic nasional, sajian custom modern dan sporty selalu melekat pada desain motor ini, body bagian depan melihatkan sudut kemiringan yang lebih tajam sehingga akan membuat headlamp memiliki sudut pancaran sinar yang lebih fokus ke depan.




Demikian ulasan seputar Honda Vario FI CBS 2014 
Salam  Jalacu Motor - Madiun Jatim

Kamis, 03 Maret 2016

Uji BBM Honda BeAT eSP ISS

Honda BeAT eSP ISS
BBM dgn Premium, Pertamax, Pertalite
Sejak pertama kali meluncur tahun 2008, motor .Honda BeAT telah Berapa Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Premium, Pertamax, menjadi motor terlaris di Indonesia (bahkan dunia!). Berdasarkan angka penjualan tahunan, skutik BeAT berhasil menjual rata-rata 2 jutaan unit per-tahun. Faktor kenyamanan, ketangguhan mesin serta konsumsi bahan bakar yang efisien jadi pertimbangan utama pengendara motor memilih motor ini. Apalagi, versi terbaru 2015-2016 nya sudah dibekali dengan mesin eSP, AGC Starter dan ISS (Idling Stop System) yang membuat kerja mesin makin tangguh dengan klaim bahan bakar yang lebih irit. Nah, berapa konsumsi BBM Honda BeAT eSP CBS ISS dgn kapasitas 110 cc ini?
Pengujian menggunakan metode full-to-full. Tangki diisi sampai fulltank luber kemudian dipakai sampai habis, setelah itu diisi kembali hingga fulltank untuk melihat berapa liter yang terisi. Selanjutnya angka tersebut dibagi dengan jarak yang telah ditempuh.
Ada 2 jenis Honda BeAT 2015-16 yang dipasarkan, yaitu standar dan ISS. Pihak AHM sendiri mengklaim fitur dengan ISS membuat bahan bakar jadi lebih irit, oleh karenanya pengujian dilakukan dengan mengaktifkan fitur ISS (Idling Stop) ini.
Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Premium
Sebelumnya, tangki BBM diisi sampai full hingga sejajar dengan tutup tangki. Jepret dulu oddometer ada di 104,8 km.
Setelah itu, motor dibawa keliling dengan gaya berkendara bervariasi dengan kondisi jalan raya di Jakarta dan Tangerang yang padat. Kecepatan rata-rata hanya 40-60 km/jam saja. Sesekali betot gas juga saat jalanan agak lengang. Top speed dibatasi sampai 80 km/jam saja. 
Kira-kira pakai 3 harian hingga jarum fuel meter menyentuh strip merah, posisi oddometer ada di angka 233,8 km. Selanjutnya, tangki diisi kembali sampai full sejajar dengan tutup tangki. Didapat angka 2,434 liter. Jadi berapa konsumsi BBM nya?
konsumsi BBM BeAT ISS (Premium)
Itung-itungannya jadi.. 233,8 km - 104,8 km : 2,434 liter =52,9 km / liter
Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Bahan Bakar Pertamax 92
Tangki BBM diisi pakai Pertamax92 sampai full. Posisi oddometer jepret di angka 377,7 km. Gaya berkendara tetap sama seperti sebelumnya dengan jalanan padat dan lancar di rute Jakarta-Tangerang
Dipakai sekitar 2-3 hari, akhirnya balik lagi ke pom bensin di daerah Cipondoh, Tangerang. Sayangnya, di pom ini tidak menyediakan struk cetak gan, melainkan struk manual tulis. Jadi, kali ini tidak ada fotonya. Tapi, yang saya ingat angka yang tercetak di mesin pom menunjukkan angka 2,95 liter gan saat terisi kembali ke posisi full tank. Posisi oddometer saat itu di angka 544,9 km. Mari kita hitung berapa konsumsinya dengan BBM Pertamax Ron92
544,9 km - 377,7 km : 2,95 liter = 56,6 km / liter.
Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Bahan Bakar Pertalite
Pengujian terakhir dilakukan dengan bahan bakar Pertalite. ehm.. BBM Pertalite ini enteng juga buat motor BeAT. Larinya enteng, mesin pun halus. Cuma sayangnya, saat mengisi di pom Daan Mogot, mas nya tidak ngisi sampai full sejajar dengan tutup tangki seperti pengujian sebelumnya. Masih ada ruang sekitar 3cm daripada ketinggian biasanya. Saat minta tambah dikit, nozzle nya sudah diletakkan kembali ke tempatnya. Yo wiiss, dah..
Posisi oddometer menunjukkan angka 699 km. Digunakana sekitar 2 hari dibawa kembali ke pom bensin. Kali ini, jarum oddo masih ada di tengah-tengah, alias, tidak sampai strip merah seperti sebelumnya. Posisi oddometer saat pengisian kembali ada di angka 805 km.
konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS (Pertalite)
Maka konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Pertalite adalah: 
805 km - 699 km : 2,17 liter =48,8 km / liter
Kesimpulan Konsumsi BBM BeAT 2016
Dari hasil pengujian diatas, maka konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan bahan bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax didapati bekisar di angka 49 - 56 km / liter. 
Kecepatan rata-rata : 40-70 km / jam.Paling irit dengan Pertamax92 : 56,6 km / literPaling boros dengan Pertalite : 48,8 km / liter (sedang melakukan pengujian kedua).Di tengah-tengahnya ada Premium : 52,9 km / liter
Demikianlah informasi mengenai Uji Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Premium, Pertamax, Pertalite. Semoga bermanfaat :-)
Salam jalacu motor

Rabu, 10 Februari 2016

Spesifikasi YAMAHA VEGA ZR 2012

Spesifikasi YAMAHA VEGA ZR
Ditengah perang motor Matic sedang berlangsung antara motor-motor Jepang di Indonesia, Yamaha tidak mau lupa daratan. Pasar motor bebek mereka cukup menjanjikan sehingga mereka juga harus berbenah dengan produk yang ada. 
Salah satunya adalah Yamaha Vega ZR. Motor bebek evolusi dari Vega Z ini memiliki pasar yang cukup baik dan menjanjikan.Oleh karena prospek positif itulah, Yamaha memanjakan pecinta Vega ZR dengan desain baru dan tampilan segar.
 
http://aksesorisbag.us/wp-content/uploads/2012/06/2012-vegazr-merah.jpgVega ZR 2012
Dilaunching awal 2009, motor ini sudah mencuri perhatian publik dengan striping segar dan performa yang menjanjikan. Beberapa pengamat mengatakan bahwa meskipun didesain sporty namun konsep yang ditawarkan adalah motor bebek yang nyaman dikendarai.
Dengan postur lebih tinggi membuat Vega ZR nyaman dikendarai. Hal ini tidak luput dari desain ergonomi antara jok, pedal dan stang yang membuat posisi duduk menjadi santai.
Headlamp dan lampu sein diletakan secara harmonis dan sporty. Meski lampu belakang masih terkesan biasa. Selanjutnya adalah desain cluster meter yang menyajikan tripmeter, speedometer, pengukur bahan bakar serta informasi lampu. 
Yamaha Vega ZR dengan Striping Terbaru Juni 2012 b
Meski masih analog, tampilan cukup minimalis tapi tetap mudah terbaca walaupun dalam keadaan gelap. Untuk tahun 2012 diadakan penyegaran desain dengan mengusung warna putih dipadu striping merah sebagai pemanis penampilannya. Hal ini untuk semakin menarik target konsumen Vega ZR yaitu para kawula muda yang berjiwa sporti dan dinamis.

Untuk soal mesin rasanya Yamaha sudah membuktikan bahwa racikan motornya selalu selangkah didepan dibanding kompetitornya, dalam hal ini motor bebek. Bermesin 113 cc SOHC, 2 valve dan 4 tak mampu menghasilkan tenaga 6 KW atau 4,5 HP pada 7.500 rpm.
Beberapa test driver mengaku cukup puas dengan performa di tarikan bawah sampai tengah. Namun pada track lurus dengan kecepatan antara 80 – 90 Km/jam mesin dirasa bergetar dan kurang bertenaga.
http://aksesorisbag.us/wp-content/uploads/2012/06/2012-vegazr-hijau.jpgNamun pendapat ini bisa saja berubah jika mesin telah diuji melewati beberapa ratus kilometer. Beberapa pemilik mengatakan, setelah mesin terbiasa tarikan Vega ZR menjadi enteng dan putaran atas dirasa cukup bertenaga.
Yamaha Vega ZR dengan Striping Terbaru Juni 2012 ht
Pada kecepatan rendah menengah, motor ini dirasa sangat nyaman untuk diajak bermanuver. Tarikannya pas dan lincah. Pas sekali untuk kendaraan di kota-kota besar yang rawan macet. Bermanuver menyalip dan menyelip diantara kemacetan rasanya bukan hal sulit bagi motor ini. Kelemahan kembali ditemukan saat melaju di track lurus.
Motor terasa limbung saat digeber 80-90 Km/jam. Mungkin karena berat motor yang hanya 47 Kg menyebabkan motor kurang stabil. Meskipun begitu, tingkat penjualan Vega ZR cukup baik. Untuk harga Yamaha Vega ZR dibandrol Rp. 12,1 juta on the road Jakarta. Harga murah namun kualitas tidak murahan. Itulah Yamaha.

SPEC MESIN
Tipe Mesin:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara

Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Mendatar

Volume Silinder:
113,7 cc

Diameter x Langkah:
50,0 × 57,9 mm

Perbandingan Kompresi:
9,3 :

Daya Maksimum:
6.0 kW / 7500rpm

Torsi Maksimum:
8,3 Nm / 4500rpm

Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter

Sistem Pelumasan:
Basah

Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter

Sistim Bahan Bakar:
Karburator VM17SH x 1

Tipe Kopling:
Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat

Tipe Transmisi:
Seesaw, 4 Kecepatan

Pola Pengoperasian Transmisi:
N-1-2-3-4
Semoga bermanfaat
Salam "jalacu motor"

Senin, 08 Februari 2016

YAMAHA GRAND FILANO

Motor Yamaha Grand Filano, Skuter Retro Premium Berteknologi Blue Core


Akhirnya Yamaha meluncurkan skuter retro premium terbarunya pada tanggal Juni 2015 lalu di event Jakarta Fair 2015 dengan motor Yamaha Grand Filano sebagai jawaban bagi pecinta konsep retro yang fashionable. Selain desain skuter ini yang menarik yaitu retro dan mirip vespa di beberapa sisi, kelebihan lain skuter ini adalah penerapan teknologi inovatif dari Yamaha yaitu Blue Core.

Teknologi mesin Blue Core mengadaptasi konsep Fun & Excitement yang populer serta digabungkan dengan konsep Eco-Friendly (ramah lingkungan). Teknologi ini memungkinkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, namun tetap bertenaga.

Motor Yamaha Grand Filano diluncurkan di Indonesia secara limited edition setelah sebelumnya lebih dahulu diluncurkan di Vietnam dan Thailand. Yamaha hanya meluncurkan skuter retro ini sebanyak 350 unit saja. Selain itu, motor matic ini hanya dijual di R-Shop Indonesia yang hanya berada di JABODETABEK, Makassar, Bali, Medan, Surabaya, dan Bandung saja.

Dalam setiap pembelian skuter limited edition ini, pembeli akan mendapatkan bonus helm yang berdesain eksklusif dan fasilitas pelayanan rescue service 24 jam. Grand Filano pertama kali diluncurkan di Thailand tahun 2014 lalu sebanyak 22.000 unit. Kemudian pada tahun yang sama, Nozza Grande (nama lain Grand Filano) diluncurkan sebanyak 42.000 unit di Vietnam.

Motor Yamaha Grand Filano berkonsep retro yang fashionable

Dari segi tampilan luar, motor Yamaha Grand Filano menggunakan konsep retro sehingga tampilannya dibuat lebih universal dan lebih kalem, namun tetap menghadirkan kesan unik dan klasik. Sisi depan dan belakang matic ini dilengkapi dengan lampu LED bertipe LED auxiliary light dan halogen light 12v 35w.

Motor ini sendiri memiliki dimensi yang terbilang panjang, berukuran 1.820 mm dan lebar 685 mm serta dilengkapi dengan ban tubeless yang lebar berukuran 110/70-12 pada bagian depan dan ban belakang. Skuter ini juga dilengkapi dengan flat footboard & roomy board space untuk menambahkan rasa nyaman saat mengendarai motor ini.

Tidak hanya sampai disitu, pabrikan Yamaha juga menghadirkan skuter premium ini dengan jok yang lebar dan pijakan kaki yang lebih luas agar pengendara tidak mudah lelah sert memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara.

Belum lagi pada bagian speedometer yang komunikatif berteknologi ECO indicator plus MID, ruang pijakan dek depan yang lebih luas, tangki bensin di kiri dek, fitur shutter key plus tombol, dan answer back untuk membuka jok skuter ini.

Skuter ini juga memiliki bagasi yang cukup luas berkapasitas 27 liter yang dilengkapi dengan lampu LED untuk menyinari bagasi. Bagasi yang luas ini memungkinkan pengendara menyimpan barang-barang yang banyak seperti helm, sarung tangan, jas hujan, dompet, dan lain sebagainya.

1. Fitur Unggulan Yamaha Grand Filano

Berikut ini adalah fitur-fitur yang disematkan pada motor Yamaha Grand Filano terbaru yang patut Anda ketahui.

FiturYamaha Grand FilanoDesain retro, namun berkonsep efisien, comfort, dan fashionableSpeedometer modern, tampilan yang lebih menawan dan komunikatif dengan ECO indicatorLampu, penggunaan lampu belakang dengan LED, LED auxiliary light, dan halogen light 12v 35wJok yang lebar, memastikan posisi riding yang nyaman dan tidak cepat lelahBagasi motor, kapasitas besar yang mampu memuat dua buah helm

Sumber: Yamaha Indonesia

2. Varian Motor Yamaha Grand Filano

Motor Yamaha Grand Filano hadir dengan 3 pilihan warna elegan, yaitu New White, Black Mat Titan dan Vivid Red Metallic. Dibandingkan dengan Grand Filano versi Thailand yang hadir dalam 6 pilihan warna, yang dirilis ke pasar Indonesia memang lebih sedikit.

Warna New White memadukan warna putih tulang untuk bagian body, jok yag berwarna cokelat dan warna hitam pada ban, sisi depan, sisi kiri kanan dan pijakan.

Yamaha Grand Filano warna New White

Untuk varian Black Mat Titan memadukan warna hitam metallic di hampir seluruh body motor dan jok yang berwarna cokelat tua serta warna hitam khas ban pada umumnya.

Yamaha Grand Filano warna Black Matt Titan

Sedangkan untuk varian Vivid Red Metallic, Yamaha menggunakan warna merah menyala untuk bagian body dan warna hitam pada jok, ban, sisi depan, sisi kiri kanan dan pijakan.

Yamaha Grand Filano warna Vivid Red Metalic

3. Spesifikasi Yamaha Grand Filano

Di sisi dapur pacu, motor skutik Yamaha Grand Filano dijejaloi mesin berteknologi Blue Core dengan kapasitas sebesar 125 cc yang mampu mengeluarkan torsi maksimum sebesar 9.7 Nm (1.0 kgf.m) pada putaran 5000 rpm dan tenaga maksimum sebesar 6.0 kW (8.2 PS) pada putaran 6.500 rpm.

Konsumsi bahan bakar Yamaha retro yang satu ini tetap irit karena telah mengadopsi teknologi Fuel Injection dan diklaim mampu menempuh panjang lintasan sejauh 60 km per 1 liter bahan bakar.

SpesifikasiYamaha Grand FilanoTipe Mesin4 strokes, SOHC, Air Cooled / YMJET-FI Blue-CoreVolume Silinder124.96 ccDiameter X Langkah52.4 mm x 57.9 mmPerbandingan kompresi11 : 1Daya maksimum6.0 kW (8.2 PS) / 6.500 rpmTorsi maksimum9,7 Nm (1.0 kgf.m) / 5.000 rpmSistem Bahan BakarFuel InjectionTipe koplingKering, otomatis sentrifugalTipe transmisiV-belt AutomaticSistem starterElectric Starter & Kick StarterTipe BatteryYTZ4V / GTZ4V (MF Battery 3 Ah)BusiCR8E (NGK)Sistem PengapianTCI

Sumber: Yamaha Indonesia

Kinerja mesin motor Yamaha Grand Filano dipastikan optimal dengan dukungan big blade fan untuk pendinginan, oil jet piston cooler, serta penggunaan Offset Cylinder untuk mengurangi friksi dan vibrasi.

Teknologi inovatif Blue Core pada skuter Yamaha Grand Filano mampu meningkatkan efisiensi konsumsi BBM, mereduksi tenaga yang hilang, meningkatkan sistem pendinginan, dan ramah lingkungan. Adopsi teknologi Blue Core mampu menghemat bahan bakar sekitar 50% dibandingkan produk-produk Yamaha generasi sebelumnya.

SpesifikasiYamaha Grand FilanoSuspensi DepanTelescopicSuspensi BelakangLengan ayunBan Depan110/70 – 12 (Tubeless)Ban Belakang110/70 – 12 (Tubeless)Rem DepanHydraulic single disc satu pistonRem BelakangTromolPanjang x Lebar x Tinggi1.820 x 685 x 1.145 mmTinggi Tempat Duduk790 mmBerat99 KgKapasitas volume bagasi27 literKapasitas tangki bahan bakar4.4 liter

Sumber: Yamaha Indonesia
Semoga bermanfaa
Salam "jalacu motor"